PWI Tanah Datar Diizinkan Rekrut Anggota Baru

  • Whatsapp

BATUSANGKAR – Untuk mengembangkan organisasi dan meningkatkan profesionalisme, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Sumatera Barat memberi izin kepada pengurus PWI Tanah Datar melakukan rekrutmen calon anggota baru.

‘’Silakan. Organisasi ini memang harus terus dikembangkan, baik dari aspek manajemen maupun keanggotaan. Dengan melakukan rekrutmen anggota baru, tentu harapan menjadi lebih berkembang semakin besar,’’ kata Sekretaris PWI Sumbar Widya Navis, Sabtu (28/11), saat melakukan kunjungan pembinaan ke daerah berjuluk Luak Nan Tuo itu.

BACA JUGA

Selain Widya Navis, dalam tim pembinaan itu juga ada Ketua Dewan Kehormatan Basril Basyar, Bendahara Ismet Fanany, Wakil Sekretaris Syukri Umar, dan Wakil Bendara Rusdi Bais. Tim disambut Ketua PWI Tanah Datar Mustafa Akmal Dt. Sidi Ali, dan seluruh pengurus.

Dikatakan, kendati secara nasional untuk bisa mendaftar menjadi anggota PWI harus lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terlebih dahulu, namun sesuai dengan kebijakan organisasi di tingkat Sumatera Barat, khusus untuk Tanah Datar diberi izin menerima calon anggota.

‘’Kita buka kran kepada rekan-rekan yang ingin bergabung bersama PWI. Sepengetahuan kami, PWI adalah satu-satunya organisasi profesi wartawan di Tanah Datar yang diakui Dewan Pers. Tentu sepatutnya pula PWI memberi kesempatan kepada rekan-rekan untuk bergabung,’’ kata Widya yang juga merupakan wakil pimpinan redaksi Harian Umum Singgalang itu.

Pada kesempatan itu, Basri Basyar menegaskan, dalam proses rekrutmen calon anggota itu, PWI Tanah Datar diminta melaksanakan Karya Latihan Wartawan (KLW).

‘’Mereka yang lulus KLW itu, usulkanlah ke pengurus provinsi untuk diberi legalitas sebagai calon anggota. Nanti pengurus PWI dapat memberikan kartu birunya,’’ sebut Basril.

Mustafa dalam laporannya menyatakan, saat ini anggota PWI Tanah Datar memang masih terbilang sedikit, karena terikat oleh aturan dan syarat menjadi anggota yang harus lolos UKW. Dengan diberikannya peluang ini, sebutnya, maka segala sesuatunya akan dipersiapkan dengan segera.

Izin yang diberikan pengurus provinsi ini, tegasnya, segera akan kita tindaklanjuti dengan membuka kran penerimaan calon anggota dalam waktu dekat, dan menyelenggarakan KLW pada Desember 2020 ini atau selambat-lambatnya Januari 2021 nanti. (mus)

BERITA TERKAIT