Pusat Oleh-oleh Olahan dari Bengkuang Hadir di Kota Padang, Ini Varian Makanannya

oleh
Wudi Hamdani bersama Kadis Perdagangan Kota Padang Endrizal, Anggota DPRD Sumbar dan lainnya (arief pratama)

PADANG – Di Kota Padang telah hadir toko yang menjual makanan yang diolah dari Bengkuang, buah yang merupakan khas ibukota Provinsi Sumatera Barat.

Sejumlah varian makanan yang dijual di toko yang bernama Rajo Bengkuang tersebut terletak di Jalan Batang Anai Nomor 11, Komplek GOR H Agus Salim, Kecamatan Padang Barat.

Di sini, pembeli bisa menemukan sejumlah makanan yang terbuat dari olahan bengkuang, seperti Cake Bengkuang, Wafle Bengkuang dan Pie Bengkuang.  “Makanan yang diolah dan dijual di sini kami jadikan sebagai komiditas khas oleh-oleh dari Padang. Sebab bengkuang sendiri adalah buah-buahan yang sudah melekat dengan Padang,” kata salah satu pemilik toko Rajo Bengkuang, Wudi Hamdani.

Wudi mengaku Toko Rajo Bengkuang ini sendiri lahir dari sebuah ide yang lahir di tahun 2013 lalu. Saat itu kakaknya yang bernama Wilsa Hermiyanti melakukan percobaan untuk membuat makanan-makanan dari bengkuang. Saat diperkenalkan ke pasaran, ternyata makanan-makanan tersebut diterima.

“Awalnya secara organik, ternyata peminatnya banyak sehingga saya mencoba untuk mengelola bisnis makanan khas bengkuang ini secara serius dan membuka tokonya,” jelas Wudi.

Untuk pemasaran, Wudi pun mengaku enggan melakukan cara-cara konvensional. Ia berencana makanan olahan bengkuang ini akan dipasarkan secara online. “Selayaknya belanja online, konsumen bisa memilih dan membeli langsung produk olahan bengkuang yang kami punya di website yang kami sediakan tanpa harus ke toko,” papar dia.

Saat ini, kata dia, toko Rajo Bengkuang menyediakan 14 varian makanan olahan bengkuang yang siap dipasarkan ke masyarakat. “Sebenarnya ada 50 varian, tapi untuk saat ini kami fokus ke 14 varian ini. Semoga bisa mendapat tempat di hati masyarakat dan mendukung industri pariwisata. Biar nanti, ketika orang bicara bengkuang maka mereka akan ingat Kota Padang,” pungkasnya. (arief)

 

Loading...