Pulang Malaysia, Seorang Pasien di Payakumbuh Diduga Terjangkit Virus Corona

  • Whatsapp
Petugas medis keluar dari ruang isolasi khusus untuk pasien airborne yang disiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Moewardi, Solo, Jawa Tengah, Senin (27/1/2020). (antara)

PAYAKUMBUH-Belum lama pulang dari Malaysia, seorang perantau berusia 60 tahun asal Situjuah, Limapuluh Kota, Sumbar diduga terjangkit virus corona. Pasien sempat dirawat di RS Ibnu Sina Payakumbuh dan dirujuk ke M Djamil Padang.

“Tapi ini baru dugaan. Belum ada hasil resminya, tapi hasil rontgen dari pasien, mengarah ke sana ( corona),” kata Kadis Kesehatan Payakumbuh, Bakhrizal kepada Singgalang, Kamis (13/2).

Bakhrizal menyebut, laporan itu dia dapat langsung dari tim surveilans. “Kami mendapatkan informasi tadi pagi ada terduga virus corona dilihat dari gejala-gejala yang dilihat,” jelasnya.

Kata Kadis Kesehatan, gejala itu terlihat dari sesak nafas dan melihat apa yang ada di dalam paru-paru setelah dilakukan rontgen oleh pihak rumah sakit.

“Awalnya, gejala sesak nafas dan dulunya ada riwayat asma, jadi di rontgen dan ada hal yang ditemui. Itu kita tunggu saja keterangan resmi M Djamil,” jelas dia.

Ia mengatakan terduga baru sampai dari Malaysia dalam pekan ini untuk pulang kampung ke Situjuah. Terduga merupakan pedagang di Malaysia.

Apabila memang positif, nantinya akan ada tindakan-tindakan yang akan dilakukan oleh Dinkes Payakumbuh berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Limapuluh Kota.

Kadis Kesehatan Payakumbuh menghimbau warganya, tidak cemas berlebihan menanggapi kabar ini. “Ingat, catat, ini baru dugaan. Jadi, mari kita jaga pola hidup sehat, bersih, cuci tangan,” katanya. (208)

Pos terkait