PT BRM Luncurkan Program Kampung Protein

Endri Wahyudi, Humas PT BRM menyerahkan indukan ayam KUB, pakan dan perlengkapan kandang kepada kelompok Tani Sumanik, disaksikan Walinagari Lubuk Karak, Marti Azis. ( ist )

PULAU PUNJUNG – PT Bukit Raya Mudisa kembali menunjukkan komitmennya untuk berkontribusi dengan masyarakat sekitar. Kali ini PT BRM meluncurkan program community Development (CD) bertajuk Kampung Protein.
PT BRM merupakan satu-satunya perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di Sumatera Barat yang sangat peduli dengan masyarakat lingkungan perusahaan.

Endri Wahyudi, humas PT BRM menjelaskan, program kampung protein ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam memberantas stunting pada anak, khususnya balita dan sekaligus untuk sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat.

“Telur dan daging ayam merupakan sumber protein yang sudah sangat akrab dengan masyarakat. Hanya saja belum dimaksimalkan. Disini kita ingin agar masyarakat Nagari Lubuk Karak dapat memaksimal potensi ini. Selain bertani dan berkebun, sumber penghasilan masyarakat juga dapat bertambah dari beternak ayam KUB. Ayam jenis ini lebih produktif menghasilkan telur dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Kemampuan beradaptasi dan daya tahan terhadap penyakit juga cukup bagus, sehingga mudah untuk diternakkan,” ungkapnya kepada Topsatu.com, Minggu (9/1 / 2022).

Lanjut Endri Wahyudi, pada hari Rabu 5 Januari 2022, lalu, PT BRM menyerahkan 234 ekor indukan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) kepada kelompok Tani Sumaniń∑, Nagari Lubuk Karak, Kecamatan IX Koto, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Dalam waktu bersamaan PT BRM juga menyerahkan pakan pelet 324-215 sak, tempat minum 30 buah, tempat makan 30 buah, gabah dan jagung 9 sak, serta bahan untuk kandang berupa papan sederan sebanyak 1 cold diesel.

“Masih dalam rangka pemberantasan stunting. Sebelumnya, PT BRM juga sudah mendistribusikan 60 kotak susu formula untuk bayi, 1 unit tensi digital, 1 unit timbangan bayi digital dan 1 unit timbangan dewasa di Nagari Ampek Koto Dibawuah,” terangnya.

Endri Wahyudi menambahkan, penyerahan paket bantuan berupa ayam beserta pakan dan perlengkapannya diterima langsung kelompok tani dan disaksikan Walinagari Lubuk Karak, Marti Azis.

” Semoga apa yang diberikan perusahaan dapat bermanfaat,” pungkasnya.

Sementara itu Walinagari Lubuk Karak, Marti Azis mengatakan, pemerintahan lubuk karak mendukung dan menyambut baik program perusahaan PT BRM.

” Kami sebagai pemerintahan nagari tentu sangat mendukung program ini, karena programnya sangat bagus dan menarik,” katanya.

Fauzan mewakili anggota kelompok Tani Sumanik juga menyampaikan terimakasih kepada manajemen perusahaan dan berkomitmen dan bakal serius dalam menjalankan program Kampung Protein yang digagas oleh perusahaan.

“Tidak banyak yang dapat kami sampaikan. Yang pasti kami berucap syukur kepada Allah SWT dan berterimaksih atas kepedulian pihak PT BRM kepada masyarakat. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat untuk kami, terutama untuk gizi dan peningkatan ekonomi,” pungkasnya. ( roni )