PT AXI dan LKPP Sosialiasi E-Katalog

oleh
Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) Sahat Sihombing, bersama Marketing & Corporate Communication Chief Suyanni Sapoetro dan jajaran PT AXI usai kegiatan edukasi dan sosialisasi e-katalog. (lenggogeni)
PADANG – PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) melalui layanan e-commerce Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Government (B2G), AXIQoe.com, melanjutkan kembali sosialisasi dan edukasi implementasi E-Katalog LKPP di  Padang, Kamis (11/10).
Hal itu dilakukan guna mendukung good governance di Provinsi Sumbar sehingga dapat bersama-sama menjadi bagian dari ekosistem untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, sekaligus mendorong terciptanya disiplin anggaran bagi tumbuhnya aktivitas usaha di daerah ini.
Menurut Presiden Direktur PT Astragraphia Xprins Indonesia, Sahat Sihombing salah satu kegiatan untuk mendorong pembangunan infrastruktur adalah melalui pengadaaan beragam barang/jasa di setiap lembaga pemerintahan daerah, mulai dari tingkat ibukota provinsi hingga kabupaten. Pengadaan barang/jasa merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam upaya mereformasi penyelenggaraan pelayanan publik.
Sejak dibentuknya Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), penyelenggaraan pengadaan barang/jasa pemerintah dilakukan secara elektronik dengan sistem  e-procurement yang berlandaskan Perpres No. 16 Tahun 2018.
Sahat Sihombing mengatakan, Sumbar memiliki realisasi pendapatan dan belanja dengan angka yang positif, yakni mencapai 50,59% pada triwulan II 2018 ini. Cukup besarnya tingkat penyerapan tersebut turut mendukung kesiapan Pemprov Sumbar dalam memajukan digital ekonomi serta mewujudkan ekosistem pengadaaan yang ideal dan terbuka.
“Melalui layanan e-commerce AXIQoe.com yang ada di dalam E-Katalog LKPP, kami berkomitmen untuk membantu pemprov Sumatera Barat dan Kota Padang melakukan penganggaran dan pengadaan barang secara digital, transparan, aman dan terintegrasi guna menggerakan roda perekonomian wilayah,” sebutnya
Dia berharap solusi layanan AXIQOe.com di E-Katalog LKPP ini dapat menjadi solusi untuk penyerapan anggaran yang lebih sehat serta meningkatkan akselerasi ekonomi pemerintahan menjadi lebih kompetitif dan terbuka.
Sahat menegaskan kembali bahwa AXIQoe.com siap menjadi mitra terbaik untuk layanan e-commerce B2B dan B2G bagi jajaran pemerintahan Sumatra Barat dan Kota Padang dengan menyediakan Office Supplies dan Office Equipment melalui penawaran harga terbuka dan added value terbaik.
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Agus Prabowo juga menambahkan bahwa ke depan mekanisme belanja pemerintah lewat e-purchasing akan terus meningkat dan sebaliknya, e-tendering akan semakin berkurang.
“Sebelumnya, primadona pengadaan adalah tender. Sekarang kami geser bahwa pengadaan yang baik adalah yang mengadopsi mekanisme pasar sepanjang itu terbuka dan adil melalui government e-marketplace,”  ujarnya.
Selain melalui E-Katalog LKPP (B2G), Axiqoe.com juga sebagai penyedia untuk pengadaan langsung bagi kebutuhan seperti : Kertas, Stationary / Peralatan Perkantoran lainnya dengan mengakses  ke www.axiqoe.com bagi pelanggan B2G maupun B2B.
E-Katalog sendiri menjadi instrumen baru dalam menciptakan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terbuka dan efisien. Melalui E-Katalog, pembelian barang dan jasa bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Satuan kerja hanya tinggal melakukan login dan melakukan pembelian melalui website https://E-Katalog.lkpp.go.id/. Tidak seperti mekanisme pengadaan melalui tender, pembelian melalui E-Katalog tidak ada batasan nilai pembelian dan harga yang ditawarkan pun dapat dibandingkan dan dipertanggungjawabkan.
Disebutkan pula, bahwa PrintQoe.com, CourierQoe, dan SpotQoe.com, ketiga layanan dari AXI hadir sebagai jawaban untuk memenuhi kebutuhan cetak dokumen, layanan pengiriman logistik dan distribusi, serta pemesanan ruang meeting bagi korporasi dan pengusaha di Sumbar.
PrintQoe.com adalah layanan online printing B2B dan B2G pertama di Indonesia, untuk print on demand dan variable printing secara real time, misalnya kebutuhan untuk cetak kartu nama, company profile, hingga buku training materials dan marketing collaterals seperti brosur, flyer, dan lain sebagainya.
Sedangkan CourierQoe merupakan layanan logistik dan distribusi B2B dan B2G yang dilengkapi dengan mobile tracking system
sehingga mudah untuk memonitor pesanan barang hingga diterima dengan baik oleh pelanggan. CourierQoe juga merupakan layanan pendukung bagi AXIQoe.com dan PrintQoe.com dalam hal pendistribusian barang dan cetakan.
SpotQoe.com merupakan platform online untuk pemesanan ruang meeting dan event, dengan menyediakan lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia yang dapat diakses melalui website dan aplikasi mobile. Kehadiran SpotQoe.com semakin memperluas lini bisnis AXI di platform digital. (lenggo)
Loading...