Progres Fisik Tol Bangkinang-Pangkalan Sudah58 Persen

PEKANBARU – Progres Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan, Sumatera Barat (Sumbar) sudah mencapai 58 persen. Ditargetkan jalan bebas sepanjang 24,7 Kilometer (Km) tersebut tuntas pada 2023 mendatang.

“Proges fisik jalan tol Bangkinang-Pangkalan sampai saat ini sudah 58 persen,” kata Project Director Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan, Bambang Hendarso, Rabu (29/6/2022).

Sedangkan untuk progres pembebasan lahan jalan tol Bangkinang-Pangkalan sendiri, Bambang menyebut 50-an persen. Progres pembebasan lahan sendiri seiring dengan progres fisik, karena begitu lahan bebas, pekerjaan fisik masuk.

“Namun, progres pembebasan lahan akan meningkatkan karena pelepasan kawasan hutan itu sudah mendapat izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Hanya saja untuk proses pembebasan lahannya masih berjalan. Karena ada beberapa hal yang harus disepakati antara instansi pemerintahan terkait pembayaran ganti ruginya,” terangnya.

Ditanya target penyelesaian pekerjaan fisik jalan tol Bangkinang-Pangkalan, Bambang Hendarso menyatakan sesuai rencana jalan selesai tahun 2023.

“Kalau target harapannya selesai 2023, asalkan pembebasan lahannya cepat. Karena kalau lahan belum selesai, pekerjaan tidak bisa dimulai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jalan tol Bangkinang-Pangkalan sepanjang 24,7 Km penetapan lokasinya (penlok) sampai di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar.(Mediacenter Riau/amn)