Polres Dharmasraya Punya Lapangan Tembak Sarja Arya Racana

  • Whatsapp
Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah menandatangani prasasti tanda diresmikannya Lapangan Tembak Sarja Arya Racana yang berada di kawasan Mapolres setempat, Sabtu (6/3/2021). (roni aprianto)

PULAU PUNJUNG – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Dharmasraya bangun lapangan tempat latihan menembak. Lapangan tembak tersebut diberi nama Sarja Arya Racana yang berarti” Pemimpin yang Cepat dan Tepat dalam Mengambil Keputusan”.

Arena latihan menembak yang berada di kawasan Mapolres tersebut diresmikan, Sabtu (6/3/2021). Hadir pada kesempatan itu, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD Pariyanto, Dandim 0310/ SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi, Kepala Kemenag Abdel Hag, kepala pengadilan negeri, kepala pengadilan agama, anggota Perbakin Dharmasraya, pimpinan perbankkan, tokoh masyarakat, Zulfikar ( Atut) dan undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, mengatakan, lapangan tembak ini dibangun berkat dukungan dan partisipasi pemerintah daerah tokoh masyarakat, dan para pihak lainnya.

“Sengaja kami nama Sarja Arya Racana, yang dalam bahasa Sanskerta mengadung arti pemimpin yang cepat dan tepat dalam mengambil keputusan,” terang kapolres dalam kata sambutannya.

Menurutnya, nama tersebut mengandung harapan besar bagi para penembak yang berlatih dilokasi itu dapat menjadi individu yang mampu bertindak cepat, benar, trampil dan cekatan dalam mengambil keputusan.

Ia menambahkan, arena embak tersebut belum sepenuhnya rampung karena ada beberapa bagian belum dipagar penuh. Pagar merupakan bagian penting bagi sebuah lapangan tembak untuk memastikan aspek keamanan dan tidak bisa dimasuki oleh pihak yang tidak berkepentingan.

“Secara bertahap kami berharap seluruh bagian lapangan ini bisa diselesaikan sesuai standar regulasi yang ada dengan mengacu pada standar keamanan yang maksimal. Hal ini tentunya membutuhkan suport dari pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya,” ucap Kapolres.

Ia berharap kedepannya lapangan termbak tersebut bisa dimanfaatkan guna melahirkan penembak yang profesional.

” Lapangan ini boleh dipakai untuk latihan atlet tembak, Perbakin, dan pihak pihak berkepentingan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sutan Riska memberikan apresiasi atas upaya Polres Dharmasraya dalam menumbuhkembangkan kegiatan olahraga menembak di daerah itu.

“Saya berharap melalui pembinaan yang profesional dan berkesinambungan akan mampu melahirkan para penembak ulung baik dari unsur organik kepolisian maupun masyarakat yang tergabung dalam Pengurus Cabang Perbakin Kabupaten Dharmasraya, ” katanya.

Dalam kegiatan peresmian tersebut juga diisi dengan perlombaan menembak kelas eksekutif yang diikuti oleh segenap unsur Forkopimda Kabupaten Dharmasraya.

Pada perlombaan tersebut, Dandim 0310/ SSD, Letkol Inf Endik Hendra Sandi SIP MIPol, meraih skor tertinggi dengan poin 36, dan posisi ke dua diraih Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah dengan perolehan nilai 27 dan posisi ke 3 disabet Bupati Sutan Riska dengan nilai 20.

” Saya menggunakan jenis senjata G2 Combat produksi PT Pindad Republik Indonesia. Ini merupakan senjata karya anak negeri dan menjadi senjata standar operasional tempur milik TNI AD, jenis terbaru dan terbaik di kelasnya, ” ungkap Dandim 0310/SSD saat dikonfirmasi wartawan. (roni)

Pos terkait