Agam  

Pokdarwis se Kabupaten Lima Puluh Kota Kunjungi Desa Wisata Simarasok Baso

AGAM—Wali Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Muhammad Nurzen menyambut kedatangan rombongan Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) se Kabupaten Lima Puluh Kota,Kamis (13/6/2024).

Kedatangan rombongan Kelompok Sadar Wisata (Pokdawis) se Kabupaten Lima Puluh Kota itu disambut secara resmi oleh Wali Nagari didamipingi Ketua Pokdarwis Desa Wisata Simarasok, Ifnaldi di Aula Balai sidang Kerapatan Adat Nagari (KAN) Simarasok.

Muhammad Nurzen Wali Nagari Simarasok mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Lima Puluh Kota yang telah mengunjungi Desa Wisata Simarasok dalam rangka study banding melihat perkembangan serta kemajuan pembangunan pariwisata yang digerakan oleh Pokdawis Simarasok.

“Tentunya kita harapkan dengan adanya kedatangan Pokdarwis Kabupaten Lima Puluh Kota berkunjung ke Desa Wisata Simarasok ini juga dapat saling memberikan masukan serta untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi kelompok sadar wisata sebagai pelaku penting dalam pembangunan kepariwisataan,” harap Muhammad Nurzen.

Selama rombongan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) se Kabupaten Lima Puluh Kota di pandu langsung oleh Ketua Pokdarwis Desa Wisata Simarasok, Ifnaldi berbagai pertanyaan yang diajukan anggota Pokdarwis dari Lima Puluh Kota itu juga dijelaskan secara transparan baik hambatan serta rintangan yang dihadapi untuk memajukan pariwisata.

Dari berbagai hambatan dan rintangan tersebut terang Ifnaldi, Pemerintah Nagari Simarasok selalu melakukan sosialisasi serta membangun komunikasi yang baik dengan berbagai unsur terutama dengan pemuka masyarakat melalui pertemuan, sehingga secara berangsur angsur dari sejumlah titik (objek) wisata dapat dibenahi melalui gerakan Pokdawis.

Sebetulnya, masing-masing Jorong di Nagari Simarasok ini memiliki destinasi wisata cukup menarik, saat ini anggota Pokdarwis Simarasok masih dalam tahap pengembangan berbagai potensi yang dimiliki.Untuk pengembangan tersebut ujar Ifnaldi, tentu butuh bantuan serta support dari semua pihak.

Luky Setiawan Plh Kasi Promosi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota selaku ketua rombongan mengucapkan terima kasih kepada Wali Nagari Simarasok dan anggota Pokdarwis Desa Wisata Simarasok atas sambutan serta jamuannya, semoga pertemuan antar Pokdarwis ini menjadi ajang silaturahmi dan saling bertukar informasi untuk pengembangan kepariwisataan.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berkunjung ke Desa Wisata Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam sekitar 40 orang termasuk pendamping merupakan Pokdawis yang sedang mengikuti pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Pokdarwis se Kabupaten Lima Puluh Kota.(Kasnadi)