PKS Incar Sumbar 1 di Pilkada 2020

oleh -966 views
Koordinator Wilayah Dakwah Sumbagut DPP PKS, Tifatul Sembiring, memberi keterangan terkait calon gubernur Sumbar untuk Pilgub 2020 mendatang. Ist

PADANG-Sukses menguasai rumah bagonjong selama dua periode, Partai Keadilan Sejahtera mengincar Sumbar1 pada Pilkada serentak 2020 mendatang. PKS sudah menyiapkan kader terbaiknya untuk melanjutkan kepemimpinan Irwan Prayitno.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Wilayah Dakwah Sumbagut DPP PKS, Tifatul Sembiring di Padang, Sabtu (3/8). Mantan Mentri Kominfo era SBY itu menegaskan PKS akan menggusung kadernya sebagai bakal calon gubernur Sumbar.

Ada dua hal yang mendorong PKS mengincar Sumbar 1. Pertama, tentunya karena PKS berhasil menduduki BA 1 selama dua periode dengan menempatkan Irwan Prayitno sebagai Gubernur Sumbar. Alasan kedua karena perolehan suara PKS yang signifikan di Pemilu 2019, di mana untuk DPRD Provinsi Sumbar, PKS meraih kursi yang cukup banyak.

Untuk sosok yang akan didaulat PKS untuk Cagub, Tifatul menyebutkan banyak nama kader terbaik PKS yang sudah mengapung. Di lini publik, sejumlah kader PKS yang menjadi kepala daerah digadang-gadang sebagai Cagub potensial. Di antaranya ada nama Mahyeldi yang merupakan Walikota Padang. Ada juga nama Riza Falevi yang kini menjadi Walikota Payakumbuh. Trinda Farhan Satria yang kini Wakil Bupati Agam juga menjadi calon potensial. Di luar kepala daerah, ada sosok Irsyad Syafar, Anggota DPRD Sumbar yang juga Ketua DPW PKS Sumbar. Nama Tifatul Sembiring sendiri yang merupakan putra Agam juga masuk dalam bursa.

Terkait nama-nama yang mengapung, Tifatul menegaskan setiap kader PKS dilarang menyodorkan dirinya untuk suatu jabatan. “Siapa Cagub PKS akan ditentukan oleh Pemilu Raya internal. Siapa yang ditunjuk partai harus siap,” tegas Tifatul.

Terkait koalisi di Pilgub, Tifatul tak menapik kemungkinan untuk kembali berkoalisi dengan Gerindra. Yang jelas, dalam koalisi Pilgub, PKS tetap mengajukan kadernya sebagai Cagub. “Bisa kita kembali berkoalisi dengan Gerindra. Bisa juga dengan PAN di mana koalisi kita sukses di Pilkada Padang,” tambah Tifatul. (arizal)

Loading...