Pilgub Sumbar 2020, Rang Agam “Kepung” Rumah Bagonjong

oleh -2.593 views
Kapolda Fakhrizal dan Bupati Indra Catri dalam suatu acara beberapa hari lalu. (Maswir)

LUBUK BASUNG  – Satu tahun dua bulan lagi menjelang Pemilihan Gubernur Sumatera Barat yang rencananya akan digelar September 2020, beberapa nama besar mulai mengapung untuk menggantikan kepemimpinan Irwan Prayitno sebagai Gubernur saat ini. Setidaknya ada 10 hingga 15 nama yang muncul ke permukaan dalam beberapa polling yang terbuka bagi publik.

Nama-nama seperti Nasrul Abit, Indra Catri, Fauzi Bahar, Mulyadi, Riza Pahlevi, Yuliandre Darwis, Ali Mukhni, Mahyeldi dan Fakhrizal muncul ke permukaan untuk dipilih sebagai bakal calon Gubernur yang paling diminati. Namun dari pantauan beberapa polling populer, ditemukan beberapa fenomena yang tidak biasa. Dimana dalam beberapa polling yang beredar ke publik, baik melalui media sosial dan aplikasi whatsapp, terlihat posisi 3 besar polling selalu dikuasai tokoh yang berasal dari Agam.

Dari komposisi yang ada saat ini, Indra Catri (saat ini menjabat sebagai Bupati Agam, Mahyeldi (Walikota Padang), dan Fakhrizal (Kapolda Sumbar) secara bergantian memuncaki beberapa poling yang berbeda, jauh meninggalkan nama-nama lain. Lebih unik lagi karena dari 3 nama yang memuncaki polling, 2 diantaranya yaitu Indra Catri dan Fakhrizal tidak memiliki basis sebagai pengurus atau petinggi partai politik mana pun.

“Dapat disimpulkan ketokohan dan kepopuleran 2 nama dari Agam ini merupakan hal segar yang baru dalam kancah perpolitikan di tingkat Sumatera Barat. Nasrul Abit sebagai Wakil Gubernur petahana yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar dipandang masih salah satu calon kuat, mengingat kemenangan fenomenal Gerindra pada Pemilu 2019 yang baru saja selesai digelar. Namun munculnya nama-nama tokoh lain yang memuncaki polling, bisa menjadi pertanda Pilgub Sumbar 2020 akan menjadi perang bintang,” kata beberapa tokoh masyarakat Agam.

Indra Catri yang telah mempimpin Kabupaten Agam selama 2 periode, telah menunjukan kemajuan inovatif dalam pembangunan dan tata kelola pemerintahan, ditunjukan dengan pengakuan nasional melalui beberapa penghargaan.

Mahyeldi yang baru saja dilantik sebagai Walikota Padang untuk periode yang kedua, juga menjadi perbincangan banyak orang. Tokoh yang satu ini cukup unggul dalam hal pemberitaan media massa baik cetak maupun elektronik. Dianggap berhasil menata pantai padang, menjadi capaian Mahyeldi yang paling banyak dibicarakan.

Sementara Fakhrizal yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sumbar, menjadi satu-satunya tokoh dari institusi kepolisian, yang saat ini berhasil memuncaki beberapa polling Pemilihan Gubernur Sumbar 2020. Fakhrizal mempunyai catatan cukup meyakinkan dalam menjalankan tugas sebagai Kapolda Sumbar.

“Dengan begitu mendominasinya, tokoh-tokoh Agam dalam beberapa polling Pilgub Sumbar 2020, akankah Gubernur Sumatera Barat selanjutnya berasal dari Agam? Sama-sama kita nantikan,”pungkasnya. (Maswir)

 

Loading...