Peringatan Hari Pramuka Sumbar Dipusatkan di Pagaruyuang

oleh -193 views
Pramuka. (*)

BATUSANGKAR – Peringatan hari gerakan kepanduan atau pramuka ke-48, untuk tingkat Sumbar dipusatkan di Bumi Perkemahan Pagaruyuang. Guna memastikan kesiapannya, tim provinsi pun meninjau langsung ke lapangan.

Sebelum upacara puncak pada 14 September, kegiatan akan diawali dengan berbagai agenda lomba dan prestasi yang dimulai pada 11 September 2019, di antaranya pionering, PBB, dan MSQ yang diikuti utusan kwartir cabang (kwarcab) se-Sumbar.

Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sumbar Amrel Amir menjelaskan, pada prinsipnya persiapan teknis dan lapangan sudah optimal, sehingga tinggal menunggu waktu pelaksanaannya.

Pada puncak peringatan, imbuhnya, penyelenggara juga akan memfasilitasi pemberian penghargaan dari Pengakap (Pramuka) Sabah dan Serawak, Malaysia yang akan diberikan kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi, dan beberapa tokoh lainnya.

“Tamu dari Malaysia itu juga banyak yang akan datang, begitu pula dari Kalimantan Barat dan Kwartir Nasional (Kwarnas). Sementara untuk Kwarcab dari 19 kota/kabupaten di Sumbar, jumlahnya diperkirakan mencapai 400 orang. Total tamu keseluruhan, sekitar seribu orang,” jelasnya.

Wakil Ketua Panitia Pelakana Edward Syahramli, menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tanah Datar beserta elemen terkait lainnya, atas kesiapsediaannya menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab 0304 Tanah Datar Revol Desman mengatakan, selama pelaksanaan kegiatan pihaknya akan berupaya meminimalisir penggunaan bahan berbasis plastik, termasuk untuk keperluan makan minum peserta. (mus)

Loading...