Perbakin Agam Bantu Masyarakat Kendalikan Hama Kera

  • Whatsapp
Ketum Perbakin Agam AKBP Dwi Nur Setiawan didampingi Ketua Harian Iptu Akhiruddin dan sejumlah personel Polres Agam melakukan tembakan perdana dimulainya bakti sosial pengendalian hama. (mursyidi)

LUBUK BASUNG – Masyarakat Anak Aia Duku, Tiku Utara Kecamatan Tanjung Mutiara berterimakasih atas peran serta anggota Perbakin Agam bekerjasama dengan masyarakat melakukan pengendalian hama kera yang merusak tanaman.

Walinagari Tiku Utara Amris didampingi Wali Jorong setempat Ali Munir, Minggu (19/1) mengatakan, bakti sosial yang diikuti anggota Perbakin Agam dibantu masyarakat sekitar berdampak positif bagi warga yang sehari hari mendambakan hasil panen kebun atau tanaman yang ada seperti kelapa, sawit, padi dan lainnya.

Baca Juga

“Semoga hama kera ekor panjang yang selama ini mengganggu tanaman warga berkurang dari waktu ke waktu, “katanya.

Diakui, sejak beberapa bulan terakhir, hewan kera ekor panjang ini mengganggu masyarakat, terbukti puluhan hektare tanaman masyarakat rusak atau tidak bisa dipanen sesuai menurut semestinya.

Bahkan kera tersebut sudah berani masuk rumah atau kandang ayam warga sekitar.

“Kita sangat mendukung respon jajaran Perbakin Agam dalam mengendalikan hama kera dan tupai lainnya, “katanya.

Ketua Perbakin Agam AKBP Dwi Nur Setiawan didampingi Ketua Harian Iptu Akhiruddin dan sejumlah pengurus lainnya menegaskan, program pengendalian hama tanaman yang dilakukan jajaran anggota Perbakin Agam ini menjadi salah satu program lembaga dalam membantu masyarakat, terutama dalam mengurangi dampak negatif dari hewan kera, tupai dan lainnya di kawasan perkebunan masyarakat.

“Kita selalu siap membantu masyarakat dalam mengurangi beban masyarakat dalam pengendalian hama tanaman yang terjadi, “katanya.

Tentunya, masyarakat tetap diminta taat aturan dalam mengikuti aturan permintaan dalam pengendalian hama tersebut. Seperti pengajuan permohonan melalui BKSDA Wilayah Agam dan selanjutnya dilakukan koordinasi dengan Pengurus Perbakin Agam guna menentukan jadwal turun ke lapangan.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan kepada peserta bakti sosial dengan berhati hati menggunakan senapan angin yang digunakan saat kegiatan pengendalian hama. (mursyidi)

 

Berita Terkait