Perantau Riau Diminta Dukung Pembangunan Tol dan Jalur Kereta Api Sumbar

  • Whatsapp
Wagub Sumbar, Nasrul Abit berselfie dengan pejabat Riau pada HUT ke 50 IKMR di Pekanbaru. Humas

PEKANBARU-Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, meminta perantau di Pekanbaru mendukung pembangunan jalan tol dan jalur kereta api yang akan menghubungkan dua provinsi tersebut. Sebab selama ini hubungan pemerintah Sumbar dengan Riau dari dulu hingga sekarang berjalan dengan baik.

“Mari sama-sama kita dukung pembangunan jalan tol dan jalur kereta api ini,” kata Nasrul Abit, saat menghadiri HUT ke 50 Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) yang dilaksanakan di Lapangan Purna MTQ, Pekanbaru, Senin (24/02).

Baca Juga

Dikatakannya, dengan pembangunan dua sarana transportasi itu jarak tempuh dari Sumbar ke Riau atau sebaliknya akan lebih cepat dibanding sekarang. Kondisi itu diharapkan memberikan kontribusi positif bagi masing-masing provinsi.

Di Riau, terdapat banyak perantau Minang. Mereka banyak menduduki jabatan strategis. Seperti anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota, serta ada yang menjadi pengusaha sukses dan lainnya.

“Semoga sanak saudara kami yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Raiau, selalu kompak satu sama lain. Jika ada riak dalam sebuah organisasi itu hal biasa, tapi di IKMR saya belum pernah mendengar adanya kisruh berorganisasi. Ini perlu dipertahankan,” pesan Wagub.

Menurutnya, hubungan baik antara Sumatera Barat dengan Riau yang terjalin dengan baik, tidak lepas dari ikut campur tangan warga Riau asal Sumbar, karena karakter orang Minang yang selalu mampu berbaur dengan siapa pun dan dimana pun.

Untuk di Riau sendiri hal tersebut terbukti dengan banyak nya warga Riau asal Sumbar yang sukses.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, kami menitipkan dunsanak dunsanak kami pada pemerintah Riau. Harapannya, perantau Minang bisa hidup dengan rukun dan damai di Riau. Dan semoga keberadaan orang Minang di Riau memberikan banyak hal positif dalam pembangunan Riau kedepannya,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, orang nomor dua di Sumbar tersebut juga meminta kepada perantau untuk tidak melupakan kampuang, karena dengan tangan perantaulah pembangunan Sumbar akan lebih cepat.
Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada warga Riau asal Sumbar karena telah mampu bersinergi dengan pemerintah provinsi Riau dan kabupaten kota dalam meningkatkan pembangunan. Apalagi saat ini IKMR sudah terbentuk sampai setiap kecamatan.

“Mari sama sama kita jaga hubungan ini, dan kedepannya akan lebih mempererat hubungan silaturahmi,” ungkapnya.

Terkait dengan ada jalur transportasi yang menghubungkan 2 provinsi tersebut, Syamsuar akan berusaha semaksimal mungkin mendorong agar hal tersebut lebih cepat terealisasi.

“Jika jalan tol dan jalur kereta api tersebut cepat selesai, maka akan menguntungkan kedua provinsi. Kami masih mengandalkan hasil bumi dari Sumbar seperti beras dan sayur sayuran,” sebutnya.

Ketua IKMR Basrizal Koto mengatakan saat ini sudah terbentuk 54 IKMR yang tersebar di Riau.

“Melalui HUT ke 50 ini akan, kedepan diharapkan IKMR akan semakin berjaya dan menyatukan generasi Minang.” harapnya.

Selain dihadiri oleh Gubernur Riau, Wakil Gubernur Sumbar dan Ketua IKMR, acara ini turut dihadiri oleh Bupati dan Walikota se Sumbar serta Kepala OPD Sumbar dan Riau serta masyarakat Riau sendiri. rilis

Rekomendasi