Perangkat Nagari Padang Mantinggi Diberi Sosialisasi Layanan Online Dokumen Kependudukan

  • Whatsapp
Wali Nagari Padang Mantinggi, Syamsu Tabri membuka sosialisasi layanan online dokumen kependudukan dan catatan sipil.(hen)

LUBUK SIKAPING – Perangkat Nagari Padang Mantinggi, Kecamatan Rao Diberikan sosialisasi layanan online kartu keluarga (KK), akta dan surat pindah dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pasaman.

Peserta sosialisasi adalah kepala jorong, perangkat Nagari Padang Mantinggi dan Nagari Persiapan Padang Mantinggi Utara. Turut hadir Camat Rao, Akmal, Pj. Wali Nagari Persiapan Padang Mantinggi Utara, M. Yamin, Kamis (24/9).

Bacaan Lainnya

Wali Nagari Padang Mantinggi, Syamsu Tabri saat membuka layanan online dokumen Dukcapil mengatakan kita adalah pelayan, untuk itu berikanlah pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Kepada perangkat nagari harus mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga nanti mampu melayani masyakat mengenai permasalahan KK, akta dan surat pindah.Kepada kepala jorong untuk melaporkan data masyarakat yang telah meninggal dan memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki data kependudukan yang lengkap sehingga data di Nagari Padang Mantinggi valid dan lengkap” pinta Syamsu.

Sementara itu, sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Pasaman, Eko Syafrianto menyampaikan Dinas Dukcapil tidak bisa menghapus atau menghilangkan data orang yang telah meninggal sebelum diterbitkan akta kematian dari dinas dukcapil.

“Sekarang, masyarakat bisa mengurus KK, akta dan surat pindah melalui layanan online dan bisa dicetak sendiri setelah PDF dikirim dinas Dukcapil ke email yang mengurus” kata Eko.

Disebutkan Eko, sejak tanggal 2 bulan Juni lalu, dokumen kependudukan menggunakan kertas putih HVS A4 80 gram dan tidak perlu lagi dilegalisir, untuk mengetahui keaslian tandatangan bisa di cek melalui aplikasi VeriDS.(hen)

Pos terkait