Pengda Agam Berikan Pelatihan, Notaris Butuh Teknik Menghadapi Pemeriksaan Penyidik

  • Whatsapp
Notaris Muhammad Ishaq, selaku Ketua Komisi Perlindungan Anggota INI Sumbar, memberikan pemaparan teknik menghadpi pemeriksaan penyidik. Ist

PADANG – Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil) INI Sumbar kembali memberikan pelatihan bagi anggota dan pegawai notaris. Dengan kegiatan itu diharapkan pengetahuan terkait pertanggungjawaban produk notaris di hadapan penyidik.

Kegiatan yang dikemas dalam Coacing Clinic tersebut mengangkat tema, “Tekni Dasar Menghadapi Pemeriksaan Penyidik Bagi Notaris dan Karyawan Notaris,”. Kegiatan itu digelar oleh Pengurus Daerah INI Agam, Selasa (6/4) di Hotel Santika Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

Selaku Ketua Komisi Perlindungan Anggota INI Sumbar, Muhammad Ishaq memberikan kiat-kiat dalam menghadapi penyidik dalam pemeriksaan. Kiat-kiat tersebut sesuai dengan kewenangan notaris.

Menurutnya, langkah itu perlu diberikan pada notaris. Karena banyak notaris yang diminta keterangan penyidik terkait dengan produknya, namun kesulitan dan menghadapinya. Sementara apa yang disampaikannya adalah sudah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki notaris tersebut.

“Kita akui, tak sedikit notaris yang diminta keterangan oleh penyidik jika terjadi sengketa antara para pihak. Meski notaris hanya menuangkan keinginan para pihak, tapi notaris perlu mengetahui cara menghadapi dan hak notaris dalam kondisi ini. Makanya pelatihan ini kita berikan,”ujarnya.

Sementara, Ketua Pengda INI Agam, Roni menyampaikan, Pengda INI Agam akan terus memberikan pelatihan-pelatihan bagi anggotanya ke depan. Sikap itu sesuai dengan semangat Pengwil INI Sumbar untuk terus mengayomi anggota.

“INI itu adalah organisasi tunggal bagi notaris yang harus memberikan pengayoman dan peningkatan kualitas bagi anggotanya,”sebutnya.(Yose)

Pos terkait