Pengabdian Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar Berlangsung Via Daring

  • Whatsapp
Suasana pengabdian masyarakat via daring oleh pengabdian dosen prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumbar. Ist

PADANG-Tim pengabdian dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumbar melakukan pengabdian untuk masyarakat. Pengabdian kali ini dilakukan dengan sistim daring dengan tiga UMKM di Sumbar.

Masing-masingnya Toko Beras RH yang di kelola oleh Putra Alamin yang beralamat di Pasar Hilir, Toko Beras Fedya yang di kelola Alham yang beralamat di Lubuk Buaya dan Toko Beras Budiman yang dikelola Yosrizal di Bukittinggi.

“Kegiatan ini dilakukan di tengah pamdeni Covid-19 dan berlangsung via daring.¬† Tujuannya untuk membantu UMKM, menghadapi dampak dari wabah yang mendunia. Harapannya jual beli UMKM terus meningkat dan jauh dari kata gulung tikar,” kata Ketua Tim pengabdian dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI, Dina Amaluis,SE,MM, dalam pers rilisnya yang diterima Singgalang, Minggu (28/6).

Dijelaskannya, selama pandemi UMKM di Sumbar banyak mengeluhkan penurunan jual beli. Pembeli berskala besar seperti restoran tak lagi berbelanja karena banyak yang tutup. Ini karena diberlakukannya PSBB selama beberapa waktu lama. Sedangkan pembeli jumlah kecil oleh masyarakat per individu menurun karena masyarakat terdampak umumnya mendapat bantuan sembako dari pemerintah. Seperti beras, gula, minyak goreng, sarden, mie instan dan lainnya.

Untuk materi pengabdian sendiri berkaitan dengan strategi promosi, distribusi dan langkah-langkah bisnis selama masa pandemi Covid-19. Harapannya setiap UMKM terus berjual beli dan tidak merugi.

Pengabdian itu berlangsung pada Sabtu 20 Juni 2020, melalui WAG. Ini dilakukan karena adanya pemberlakukan sosial distancing oleh pemerintah. Guna memutus mata rantai penularan virus Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung.

Tim pengabdian dosen Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI, diketuai Dina Amaluis,SE,MM dengan anggota dosen lainnya yaitu Rizky Natassia, SE, MM dan Hayu Yolanda Utami, SE, MBA. Kegiatan itu juga dibantu dua orang mahasiswa yaitu  Yulia Murni dan Denny Fransisko.

“Hasil dari pengadian masyarakat ini diharapakan dapat meningkatkan penjualan dan daya saing dari setiap UMKM,” tutup Dina. 107

Pos terkait