Penerimaan Siswa SMP Jalur Zonasi di Padang Dibuka  5 Juli 2020

  • Whatsapp

PADANG – Penerimaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) jalur afirmasi dan prestasi di Kota Padang tuntas. Sudah 45 persen daya tampung SMP sudah terisi.

“Sudah selesai,”sebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, Jumat (3/7).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, khusus jalur prestasi dan afirmasi menggunakan indikator penerimaan berbeda. Untuk prestasi, menggunakan ukuran nilai. Sedangkan afirmasi adalah merupakan mereka yang memeng kartu indonesia pintar (KIP).

“Kalau jalur prestasi, ukurannya memang nilai. Jika nilainya bagus, maka diterima lebih dulu. Sementara untuk jalur afirmasi adalah mereka pemegang kartu tidak mampu KIP,”sebutnya.

Dengan itu, penerimaan jalur prestasi dan afirmasi dilakukan lebih awal. Dengan itu, tidak bisa dibandingkan nilai yang diterima dengan jalur prestasi dengan jalur afirmasi.

“Orang tua murid jika memperhatikan petunjuk pedaftaran maka tahu indikatornya,”ulasnya.

Diungkapkannya, untuk jalur prestasi, sekolah menerima sebanyak 30 persen dari daya tampung sekolah. Kemudian jalur afirmasi 15 persen dari daya tampung sekolah.

Sementara sisanya 55 persen daya tampung diisi melalui jalur zonasi. Khusus jalur zonasi akan dibuka pada tanggal 5 Juli 2020.

Jalur zonasi yang digunakan Pemko Padang adalah mengacu zona kelurahan. Maka peluang diberikan pada sekolah di kelurahan tempat tinggal.

Meski begitu, maka akan diberikan juga kesempatan pada calon siswa yang kelurahan beririsan dengan kelurahan lokasi sekolah. “Jadi tidak terlalu harus satu kelurahan, tapi juga bisa pada sekolah kelurahan berdekatan,”ujarnya. (yose)

Pos terkait