Penerimaan Siswa Baru SMA Sederajat Pakai Sistem Online

  • Whatsapp
Ilustrasi. (befren)

PADANG – Dinas Pendidikan Sumbar masih menyiapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK. Pemprov Sumbar rencananya akan menggunakan sistem daring (online) khusus untuk masing-masing kabupaten/kota saja.

Penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA/SMK rencananya akan dilakukan pada Juli 2018. Para siswa dapat mendaftar setelah perangkat penerimaannya selesai. Sementara, Pemprov Sumbar juga tetap memberikan kuota penerimaan bagi jalur prestasi dan tahfiz.

Read More

“Kita gunakan sistem dalam jaringan (daring) dengan pembagian rayon berdasarkan kabupaten/kota. Tetapi sistemnya masih sedang dalam pengerjaan,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman, kemarin.

Sistemnya dipusatkan dibawah pengelolaan Dinas Pendidikan Sumbar, tidak terpisah-pisah pada masing-masing kabupaten/kota atau sekolah seperti saat kewenangan masih di kabupaten/kota.

Nanti siswa yang mengakses laman pendaftaran yang disiapkan bisa memilih lokasi dan sekolah yang diinginkan. Mereka diutamakan melanjutkan SMA/SMK di kota yang sama. Jika ingin mengambil luar rayon, ada mekanisme yang harus diikuti.

PPDB pada sejumlah daerah di Sumbar awalnya telah menggunakan sistem daring dikelola oleh dinas pendidikan kabupaten dan kota. Namun saat pengalihan kewenangan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi pada 2015-2016, sistem itu tidak otomatis diadobsi. Akibatnya PPDB untuk tingkat SMA/SMK di provinsi itu pada tahun ajaran 2017/2018 dilakukan secara luar jaringan (luring) atau offline. (yose)

Related posts