Penderita Kanker Kulit dan Tumor Ganas Selesai Menjalani Operasi Tahap Awal

  • Whatsapp
Aina, pasien penderita kanker kulit dan tumor mata ganas selesai jalani operasi tahap awal. Ist

PADANG-Pasien penderita kanker kulit dan tumor mata selesai menjalani operasi tahap pertama, Senin (9/12). Operasi sempat tertunda karena kondisi pasien yang belum memungkinkan menjalani operasi.

Operasi Aina Talita Zahran, 3,5 tahun dipimpin dr. Daam Khambri Sp.B (K) Onk, M. Kes, berlangsung lancar dari pukul 08.30 hingga pukul 10.45 WIB. Saat ini kondisi Aina dalam proses penyembuhan dengan perawatan intensif di ruang pediatric intensive care unit (PICU) Instalasi Rawat Inap Anak.

”Alhamdulillah, operasi Aina berlangsung lancar tadi pagi. Sekrang dia dirawat secara intensif di ruang PICU dan terus dipantau perkembangannya,” ujar Gustavianof, Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi (PPID) RSUP Dr. M. Djamil Padang, Senin (9/12).

Dijelaskannya, operasi dijalani Aina, setelah kondisinya yang drop kembali stabil. M. Djamil sebelumnya membentuk tim dokter khusus dari berbagai multi disiplin ilmu. Mengingat Aina, menderita dua penyakit berbahaya, kanker kulit dan tumor ganas.

Dokter yang terlibat menanganu Aina, dokter bedah, bedah anak, ongkologi bedah, ongkologi mata, dokter anak, anestesi serta tenaga kesehatan lainnya.

“Tentunya kami akan terus melakukan yang terbaik bagi pasien. Mari bersama kita doakan semoga pasien segera membaik dan dapat dilakukan proses peyembuhan lainnya,” harap Gustavianof.

Sebagaimana dikatakan sebelumnya oleh Ketua Tim Dokter dr. Daam Khambri Sp.B (K) Onk, M. Kes, mengatakan pihak akan melakukan dua tahap operasi. Pertama operasi pengangkatan tumor yang telah merusak bagian wajah kiri pasien, kemudian operasi mata kiri yang juga terdampak.

Setelah operasi tersebut rencananya juga akan dilakukan rekonstruksi pascaoperasi yang melibatkan ahli bedah plastik.

“Kasus sama seperti yang dialami Aina sudah kerap ditangani, dan kami tetap mengusahakan yang terbaik,” katanya.

Sementara itu, setelah dilakukan operasi tahap pertama akan dipersiapkan operasi lanjutan, dan dilakukan operasi rekontruksi yang membutuhkan waktu sekitar lama 5-6 jam. 107

Berita Terkait