Pendaki yang Hilang Kontak Ditemukan Selamat

  • Whatsapp
Kelima pendaki Gunung Marapi yang sempat hilang, ditemukan dalam keadaan selamat, Selasa (23/6) sekira pukul 11. 30 WIB --(mursyidi)

 

LUBUK BASUNG – Setelah hilang sejak Senin (22/6) di Gunung Marapi, lima pendaki gunung berhasil ditemukan warga dalam keadaan selamat di Rimbo Kalam di lokasi tersebut pada Selasa (23/6) sekira pukul 11.30 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Agam Muhammad Luthfi menjelaskan, kini lima pendaki yang selamat tersebut dievakuasi dari lokasi penemuan mereka di Rimbo Kalam.

“Pencarian dilakukan oleh Tim BPBD Kabupaten Agam berkoordinasi dengan Pihak Kecamatan, Nagari, KSB dan Masyarakat,” katanya.

Kelima pemuda yang sudah ditemukan tersebut adalah Warga Gurun, Jorong Gobah Nagari Bukik Batabuah yaitu , Nuri (18),Ridho (19), Halim (19),Fauzi (19), Robi (19).

Kronogis kejadian, awalnya lima pendaki gunung tersebut kehilangan arah saat berada di Rimbo Takuruang, Hutan Lindung Gunung Marapi, Kecamatan Canduang.

Saat itu mereka melaksanakan pendakian ke gunung marapi melalui jalur Koto Baru. Pada Senin (22/6) sekira pukul 09.00 bertemu dengan Rahmad, warga Bukik Batabuah yang ikut mendaki, tapi berbeda kelompok di puncak marapi, kemudian kedua kelompok tersebut akan turun gunung dengan jalur yang berbeda.

Kelompok Rahmad turun ke jalur Koto Baru, sedangkan kelompok Halim cs turun melewati jalur Badorai dan tidak membawa bekal.

Sekira pukul 15.00 WIB pada hari yang sama kelompok Halim cs memberikan pesan SMS ke salah satu anggota Kelompok Pencinta Alam (KPA) Agam Palala an. Zul, meminta tolong bahwa mereka kehilangan arah di Rimbo Takuruang.

Sesudah itu kontak terputus, dan dilakukan penelusuran oleh anggota KPA tersebut beserta keluarga dan pemuda Bukik Batabuah ke jalur yang ditempuh sampai lokasi yang diinformasikan terakhir.

Hanya saja tidak menemukan jejak sama sekali dan tim terus melaksanakan pencarian ulang oleh Pihak Nagari, KSB dan Masyarakat Bukik Batabuah hingga kelima anggota pendaki gunung tersebut ditemukan
sekira pukul 11.30 WIB di Rimbo Kalam. (mursyidi)

 

Pos terkait