Penanganan Ekonomi Masa Pandemi, Pemerintah Harus Ciptakan Kemudahan

  • Whatsapp

PARIK MALINTANG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman menggelar komunikasi webinar nasional Komite Penanganan covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis (26/11/2020).

Narasumber dalam kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui Zoom Meeting tersebut, Adib Alfikri, Pjs Bupati Padang Pariaman dan Ali Mustofa Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika setempat. Acara yang berlangsung selama dua jam ini merupakan program Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) dengan mennggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) daerah itu sebagai mitra.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman melalui sambungan telepon, demi membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi masyarakat terhadap kebijakan, program dan dampaknya, dibutuhkan komunikasi terpadu dan dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan massif, faktual, kredibel dan mudah dipahami.

Senada dengan itu, Medi Hendra, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo mengatakan, bahwa kegiatan

Webinar kali ini mengambil tema “Manfaat Program Pemulihan Ekonomi Nasional bagi UMKM”. Alhamdulillah antusiasme peserta sangat tinggi dan itu terbukti dengan 50 an lebih peserta yang mengikuti kegiatan ini sampai akhir.

“Webinar kali ini membahas potensi bisnis online dan transformasi ekonomi digital. Kemudian prospek kewirausahaan digital di Indonesia serta masalah bisnis online, tantangan dan peluang UMKM,” ujarnya.

Pjs. Bupati Adib Alfikri menyampaikan kepada seluruh OPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman terutama OPD terkait untuk dapat memberi kemudahan dan kelancaran kepada masyarakat dalam melakukan urusan terkait penanganan ekonomi di masa pandemi ini.

“Selaku pemerintah yang melayani masyarakat harus menciptakan kemudahan-kemudahan dalam urusan masyarakat apalagi UMKM yang menjadi subjek salah satu pendorong peningkatan produk domestic bruto (PDB) daerah,” ujarnya.

Menurutnya, UMKM dapat menciptakan kesempatan kerja dan menyediakan fleksibilitas kebutuhan serta berinovasi dalam perekonomian secara keseluruhan. Sektor ekonomi UMKM yang memiliki proporsi di unit usaha yang tersebar pada sector makanan dan kerajinan.

Ali Mustofa yang mewakili Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman memaparkan materi lebih menitikberatkan pada transformasi digital, solusi pengembangan UMKM masa pandemi dan era revolusi industry 4.0, “Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi. (damanhuri)

Pos terkait