Pemprov Sumbar Gelar Pasar Murah di Sejumlah Lokasi

oleh -105 views
Gubernur Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. (*)

PADANG – Bazar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, secara resmi dibuka Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Selasa (14/5). Pada kesempatan itu orang nomorsatu di Sumbar tersebut mengingatkan, pasar murah harus tepat sasaran, sesuai dengan tujuan awal dibuatnya agenda rutin pemprov.

“Saat Ramadhan kebutuhan bahan pokok sangat diperlukan masyarakat, apalagi dengan harga yang terjangkau. Makanya dibeberapa dinas di provinsi melaksanakan kegiatan bazar Ramadhan,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Disebutkannya, tujuan bazar itu untuk membantu masyarakat mendapatkan sembako dengan harga lebih murah dibanding harga pasar. Sebab harga jual di bazar adalah harga distributor.

“Jadi jangan sampai ASN golongan IV pula yang banyak belanja di sini (bazar-red). Bazar ini digelar untuk masyarakat ekonomi lemah dan ASN golongan rendah. Pol PP harus mengawasi siapa yang patut berbelanja di bazar. Kalau ada warga pake mobil mewah belanja tolong larang. Sebab bazar untuk mereka yang kurang mampu,” tegas Gubernur.

Irwan menjamin, meski harga di bawah harga pasar produk yang dijual dipastikan terjamin kualitasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Asben Hendri menyebutkan, di bazar ini tersedia sembilan bahan kebutuhan pokok dengan harga jauh lebih rendah dibanding harga pasar.

Dikatakannya, pasar murah kali ini konsen menyedia sembako dan berbagai kebutuhan Lebaran.

“Untuk sembako, harganya adalah harga distributor. Artinya harga jual dijamin murah dibanding harga pasar,” katanya.

Menurutnya, pasar murah merupakan agenda tahunan pemerintah Sumbar melalui Disperindag Sumbar. Melalui bazar murah tersebut diharapkan membantu masyarakat untuk mendapatkan harga murah dibanding harga pasar. Apalagi selama bulan puasa kencendrungan harga sembako selalu naik.

ubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi perwakilan Kemendag RI dan Kepala Disperindag Sumbar, Asben Hendri secara resmi membuka bazar di halaman kantor gubernur (14/5). (Humas Pemprov)

“Di sinilah peran pemerintah untuk memberikan harga lebih murah dibanding harga pasar. Semoga masyarakat terbantu melalui bazar ini,”sebut didampingi Kabid Perdagangan, Ridonald.

Pasar murah itu akan berlangsung hingga 17 Mei. Di bazar itu dijual berbagai kebutuhan seperti sembako, baju Lebaran, kue Lebaran, sepatu, aneka makanan dan minuman sehat, aneka pabukoan lainnya. Di toko Tani Indonesia Center Dinas Pangan Sumbar, bawang merah dijual Rp28 ribu per Kg, bawang putih Rp32 ribu per Kg, gula Rp12 ribu per Kg, minyak goreng Rp11 ribu per Kg, telur Rp39 ribu per papan. Untuk daging yang disediakan Bulog dijual Rp80 ribu per Kg, minyak goreng Rp11 ribu per Kg, tepung terigu Rp8500 per Kg dan gula Rp11.500 per Kg.

sementara, selain di kantor Disperindag Sumbar, pasar murah juga akan digelar sejumlah lokasi. Seperti Kecamatan Koto Tangah Kelurahan Balai Gadang pada 15 dan 16 Mei, Kecamatan Lubuk Begalung Kelurahan Gurun Laweh 16 Mei, Kecamatan Padang Selatan Alang Laweh 17 Mei, Kabupaten Agam 20 Mei. Kemudian Kecamatan Koto Tangah, Pasia Nan Tigo tepatnya di Lapangan Depan Kantor Perikanan Pasir Jambak 21 hingga 22 Mei, Kecamatan Kuranji Kantor Lurah Kalumbuk 22 Mei, Jalan Pasar Batipuah No 26 Kelurahan Pasar Gadang Kecamatan Padang Selatan 23 hingga 24 Mei, Kurao Pagang 24 Mei dan Kecamatan Padang Utara tepatnya Lapangan Asrama Transito Ulak Karang Selatan 27 hingga 28 Mei. (yuke)

Loading...