Pemko Pariaman Adakan Bimtek Permendagri dan SIPD

  • Whatsapp
Genius Umar
PARIAMAN – Pemko Pariaman mengadakan  Sosialisasi dan Bimbingan Teknik (Bimtek) Permendagri 90 Tahun 2019 dan SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah). Tampil sebagai Narasumber Kepala  Balitbang Kemendagri  Agus Fatoni. Sosialisasi  ini dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman Genius Umar diikuti sejumlah  Kepala OPD dilingkup Pemko Pariaman, Minggu (2/8)  di The Balcone Hotel  Bukittinggi.
Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa untuk membangun daerah di era globalisasi ini dengan tantangan yang semakin besar, maka inovasi daerah merupakan strategi yang jitu dalam pembangunan daerah.
“Apalagi Pariaman yang memiliki potensi unggulan adalah di bidang pariwisata, maka dengan kondisi penurunan sektor pariwisata karena covid perlu dicarikan strategi percepatan pertumbuhan melalui berbagai inovasi,” ujarnya.
Di kesempatan itu, Genius  minta semua jajaran mengeluarkan ide dan inovasi baru untuk membuat destinasi baru pariwisata yang inovatif. Dengan demikian produk wisata Kota Pariaman akan mampu bersaing dengan destinasi wisata dari Daerah lain
Selanjutnya, katanya   bahwa potensi Pariaman yang berada di pinggir laut dengan pantai yang indah akan menjadi destinasi wisata yang hebat dengan memanfaatkan inovasi serta sungai sungainya. Saat ini  tengah dikembangkan menjadi kawasan waterfront city, yang akan  terintegrasikan, mulai dari dana pusat, provinsi, kota, desa/kelurahan dan CSR.
Sementara itu,Kepala Badan Litbang (Penelitian dan Pengembaan) Kementrian Dalam Negeri, Agus Fatoni, mengatakan bagi daerah yang menonjol dalam inovasi daerah, maka daerah tersebut akan mendapatkan tambahan APBD yang dinamakan Dana Insentif Daerah (DID).
Dikatakannya DID ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi pembangunan daerah, apalagi Kota Pariaman adalah daerah kecil. Total DID untuk tahun 2018 mencapai 121 milyar untuk beberapa daerah yang juara, dan ini adalah kesempatan emas bagi Kota Pariaman untuk meningkatkan inovasi daerah yang akan memberikan benefit untuk pembangunan daerah.
“Teruslah berinovasi, karena dengan inovasi maka kita akan cepat untuk maju, dan saya melihat, sosok Walikota Pariaman sangat inovatif dan banyak ide yang dimiliki dan telah diterapkan, untuk itu maka kebijakan beliau harus mendapat dukungan dari seluruh jajaran yang beliau pimpin, disamping nantinya akan menerima reward berupa dana pembangunan untuk daerah,” tutupnya. (agus)

Pos terkait