Pemkab Mentawai dan Satgas TMMD Peringati 7 Pesan Sekerei

oleh -374 views
Peringatan 3 tahun Program 7 Pesan Sikerei disemarakkan dengan kehadiran 400 Satgas TMMD ke 104. (*)

TUA PEJAT – Memperingati 3 tahun sejak peluncuran program 7 Pesan Sikerei, Dinas Kesehatan Mentawai gelar senam massal gerakan makan buah bersama. Kegiatan dilaksanakan di monumen tugu Sikerei, Desa Bukit Pamewa, Sipora Utara, Rabu (13/3).

Senam massal ini disemarakkan dengan kehadiran 400 anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104, Polres, instansi pemerintahan setempat serta pelajar SMP dan SMA.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar menyebutkan, peringatan program 7 Pesan Sikerei yang ke 3 tahun ini merupakan momen bagi pemerintah dan TNI untuk bersama-sama menggerakkan masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Melalui momentum TMMD kita bisa bersama-sama menggerakkan masyarakat. Gerakan-gerakan di bidang kesehatan harus digalakkan karena dengan kolaborasi atau kemitraan, maka dapat meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Lahmuddin kepada topsatu.

Dia menjelaskan, sejak dilaunching pada 22 Februari 2016 oleh Kementrian Kesehatan RI di Muara Siberut, Siberut Selatan, program 7 Pesan Sekerei pada pelaksanaannya telah memberikan dampak langsung kepada masyarakat, seperti menurunnya angka kematian ibu melahirkan dan bayi.

“Sejak 7 pesan Sikerei dicanangkan banyak terjadi perubahan perilaku hidup sehat, seperti sudah banyak yang berhenti merokok, pemberian ASI ekslusif meningkat, jumlah kematian ibu dan bayi menurun. Dinkes mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam kemajuan kesehatan seperti kerjasama bhaksos, pembangunan jamban, dan kampanye kesehatan. Khusus kepada Satgas TMMD kami sangat terbantu dengan banyaknya sasaran non fisik yang mengarah kepada program-program kesehatan,” tandas Lahmuddin.

Setidaknya dari 24 sasaran non fisik pada Program TMMD ke 104 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, terdapat 4 sasaran yang berkaitan dengan program Dinas Kesehatan Mentawai, diantaranya penyuluhan tentang deteksi dini kanker leher rahim, pelayanan kesehatan dokter referral daerah terpencil, kampanye kesehatan pemberian garam beryodium dan senam massal bagi lansia.

Di sisi lain, program kesehatan membangun 30 unit jamban bagi masyarakat miskin juga menjadi pada salah satu sasaran fisik pada program TMMD ke 104 ini. Dimana pembangunan jamban sehat, juga merupakan salah satu isi dari 7 Pesan Sikerei , yaitu stop buang air besar sembarangan. (Ricky)

 

Loading...