Pemkab Mentawai dan Polisi Imbau Masyarakat Patuhi Aturan Lalulintas

oleh -327 views
Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake menyematkan atribut kepada pasukan operasi patuh Singgalang 2018 yang digelar 26 April hingga 9 Mei 2018.Apel Operasi Patuh Singgalang 2018 di Mentawai (ricky)

TUA PEJAT – Wakil Bupati  Kortanius Sabeleake, mengimbau masyarakat patuhi aturan-aturan berlalu lintas. Patuh berlalu lintas dimulai dari kesadaran orang tua untuk mengedukasi keluarga untuk selalu membawa serta kelengkapan surat-surat kendaraan dan pelindung diri.

“Kita semua harus menyampaikan, mendidik keluarga dan anak-anak supaya membawa kendaraan itu harus lengkap. Tertib berlalu lintas. Jadi alat-alat kita lengkap, ada SIM, STNK, helm. Kemudian kita juga tertib berlalu lintas tidak ugal-ugalan, tidak membuat kecepatan tinggi dan sebagainya, karna selain diri kita, juga kita bisa menyebabkan orang lain korban,” ujarnya Kamis (26/4/2018).

Imbauan yang sama juga juga disampaikan oleh Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Hendri Yahya, untuk tidak memberikan izin mengendarai sepeda motor kepada anak-anak di bawah umur. Anak di bawah umur tak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Sesuai peraturan Kapolri tentang aturan berlalu lintas ini, anak-anak yang boleh mengendarai kendaraan itu berumur 17 tahun, itu baru dapat dikeluarkan SIM C. Kemudian SIM A berumur 20 tahun. Sehingga nanti kepada pengguna jalan ini kita akan melakukan tes, baik itu tes psikologi maupun tes cara mengemudi yang baik. Sementara itu untuk pengemudi di bawah usia 17 tahun masih riskan tidak bisa kita berikan Surat Izin Mengemudi, ” terang Kapolres.

Tak hanya itu, Kapolres menegaskan akan menindak tegas pengendara yang secara terang-tegangan menggunakan knalpot racing, apalagi yang tak memiliki knalpot. Sebab sepeda motor tak berknalpot ternyata lebih bising ketimbang knalpot racing.

Pada 2017 lalu, Polres Kepulauan Mentawai mencatat angka kecelakaan berlalu lintas sebanyak 6 luka ringan, 4 luka berat dan dua kasus lainnya menyebabkan korban meninggal.

“Meski demikian, kita tetap berupaya menekan angka ini,” pungkasnya.  (Ricky)

Loading...