Pemkab Agam Sediakan Rp500 Juta untuk Pengangkatan Keramba di Danau Maninjau

oleh -600 views
Danau Maninjau. (desrian)

PADANG-Pengangkatan keramba yang ada di Danau Maninjau, Kabupaten Agam akan dimulai September 2019 dan diperkirakan selesai pada 2020. Begitu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul usai membahas tentang kondisi keramba bersama jajaran terkait seperti pemerintah Kabupaten Agam dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di ruang rapat kantor Gubernur Sumbar, Kamis (22/8).

“Jumlah keramba yang diangkat tentunya menyesuaikan dengan anggaran yang sudah disediakan oleh Pemkab Agam, yakni Rp500 juta, dan untuk pelaksanaannya akan dibantu oleh TNI” terangnya.

Dengan anggaran yang tersedia tersebut, Wagub menjelaskan keramba yang dimiliki oleh pengusaha besar akan lebih diprioritaskan untuk diangkat terlebih dahulu, dan keramba milik perorangan belakangan.

“Saat ini pemprov dengan Pemkab Agam sedang mencarikan alternatif mata pencaharian yang lain bagi pemilik keramba perorangan. Hal tersebut akan kita sampaikan ke pusat, dan saat rapat LIPI siap membantu dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk sektor ekonomi lain, tinggal kita maunya disektor apa” terangnya.

Sebelumnya, Pemprov bersama Pemkab Agam dan LIPI juga sudah membahas hal yang sama pada Selasa (8/4/2019) di Kantor Bupati Agam.

Saat ini jumlah keramba yang ada di Danau Maninjau diperkirakan berjumlah 17.000. Sedangkan daya tampung hanya 6.000 keramba.  (*)

Loading...