Pemilihan Walinagari Toboh Gadang Selatan Lancar

PARIK MALINTANG – Pemilihan Walinagari Toboh Gadang Selatan,  Kecamatan Sintoga Pengganti Antar Waktu (PAW) berlangsung aman dan lancar, tapi belum bisa menentukan siapa yang memperoleh suara terbanyak.  Pasalnya dua calon punya perolehan  suara yang sama.
Demikian dikatakan Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman,  Sertu Yumahdi yang berada dilokasi dalam pelaksanaan pengamanan  di SDN 03 Palak pisang Nagari Toboh gadang Selatan  Kecamatan Sintoga, Padang Pariaman , Minggu (26/6).
Babinsa Yumahdi mengatakan ada tiga calon yang bertarung  yakni nomor urut 1 Haris Budi Harto SH, nomor urut 2 Suharto ST dan nomor urut 3 Suprianto Eka putra. Sedangkan pemilih sebanyak 20 orang yang berasal dari perwakilan empat Korong di Nagari tersebut  .
Lebih lanjut dikatakannya  dalam pelaksanaan ini sudah sesuai dengan UU No 30 Tahun 2004, pihaknya  membeckup personel Polsek Lubuk Alung .
 Danramil 05/Lubuk Alung Lettu Czi Delri putra  di tempat yang sama juga mengatakan, Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung terus mengawal jalannya proses tahapan pemilihan PAW Wali Nagari  sejak pembentukan panitia hingga proses pemungutan suara. Pengawalan proses tahapan Pemilihan PAW Wali Nagari yang dilakukan Babinsa bertujuan untuk memberikan jaminan rasa aman serta Babinsa mampu mengantisipasi merancang sistem keamanan dan kondisi sosial di wilayah binaan dengan baik.
Dari laporan Babinsa, untuk hasil pemilihan tahap pertama nomor urut 1,  Haris Budi Harto SH mendapat delapan suara , nomor urut 2 Suharto ST mendapat empat  suara  dan nomor urut 3 Suprianto Eka putra mendapat delapan  suara .
Karena suara terbanyak delapan suara di miliki dua calon, otomatis dilakukan pemihan tahap kedua yang diikuti dua calon yang sama sama meraih suara terbanyak delapan suara. Dari hasil Pemilihan tahap kedua, hasil yang diperoleh juga sama banyak, yakni masing-masing memperoleh 10 suara .
Karena hasil perolehan suara sama banyak, keputusan dari Bamus dan panitia  pelaksana diserahkan kepada keputusan Bupati Padang pariaman nantinya . (agus)