Pemilihan OSIS SMA Adabiah Adopsi Sistem Pemilu

  • Whatsapp

PADANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang terus mensosialisasikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) salah satu bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat.

Kali ini KPU kota Padang menyambangi sekolah SMA Adabiah Padang guna memberikan pengetahuan terkait demokrasi jelang pemilihan, Kamis (16/1).

Baca Juga

Kedatangan KPU Padang ke SMA Adabiah juga memberikan masukan ke sekolah tersebut terkait pemilihan Ketua OSIS yang akan di gelarnya dengan mengadopsi sistem pemilu.

Sosialisasi tersebut, para siswa diberikan pengetahuan seputar rumah pintar pemilu (RPP) dan gambaran umum tentang pelaksanaan pemilu yang langsung dipimpin oleh Komisioner KPU Padang Atika Triana bersama Amid Muttaqin didampingi Kasubag Teknis dan Hupmas Sutrisno.

Sebelumnya pihak Sekolah dan OSIS SMA Adabiah Kota Padang telah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Padang untuk menfasilitasi dan memberikan dukungan serta bimbingan dalam pelaksanaan pemilihan ketua osis yang mengadopsi sistem pemilu.

Pemilihan OSIS dengan mengadobsi sistem Pemilu memberikan pengetahuan demokrasi dan tata cara pemilihan yang ada di Negara Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Komisioner KPU Padang Atika Triana mengatakan “Bahwa pendidikan pemilih dalam memahami demokrasi sangat penting dilakukan sejak usia dini pemahaman demokrasi dan pemilu ini sangat penting untuk kita sampaikan pada pra pemilih, sehingga nantinya ketika sudah waktunya memilih bisa memiliki bekal dalam menggunakan hak pilihnya dengan baik, sebab demokrasi mempunyai nilai luhur menjaga kesejahteraan,” ujarnya.

“Pemilihan OSIS ini merupakan bagian demokrasi kecil yang ada disekolah, bagaimana siswa-siswi memahami demokrasi secara langsung dan utuh sebagai bentuk pendidikan demokrasi di Negara kita ini,” sambungnya.

Dijelaskannya, pada proses Pemilu jelang pemilhan ada tahapan kampanye terlebih dahulu, yaitu menyampaikan nilai jual dan sejauh mana pencapaian kandidat dan demokrasi adalah menghormati hak dan pendapat orang lain dan menolak perbedaan pendapat yg mengarah ke perpecahan.

Dengan azaz jujur dan adil, kampanye sejatinya untuk memberi ruang kepada kandidat dan masyarakat dapat membawa kemajuan kepada kemajuan sekolah.

Pada kesempatan tersebut Sutrisno Kasubag Teknis KPU Kota Padang juga memberikan penjelasan tentang fungsi dari RPP kepada siswa dan membuka kesempatan kepada para siswa-siswi SMA 2 Adabiah untuk mempelajari program kelas pemilu yang merupakan program KPU.

Selain di SMA Adabiah, program ini di beberapa tempat telah dilakukan bersifat rutin. RPP merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU. RPP tersebut diperuntukkan sebagai wadah pendidikan pemilih bagi masyarakat.

Selain itu, RPP juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian, atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan.

“Wahana edukasi rumah pintar pemilu dapat dikunjungi oleh masyarakat khususnya oleh pelajar, mahasiswa, umum, dan semua pihak yang tertarik dengan pemilu,” katanya.

Tidak lupa sutrisno juga membagikan doprize kepada siswa dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan tentang pemilu.

Selain itu, Amid Muttaqin juga berpesan kepada seluruh siswa-siswi SMA Adabiah bahwa di Padang nanti akan ada pemilihan Gubernur Sumbar yang jatuh pada Rabu 23 September 2020 dan di tetapkan sebagai libur nasional.

“Pilgub besok itu untuk adik-adik yang 17 tahun keaatas dipastikan dari sekarang dengan kepemilikan KTP, selain sebagai pemilih adik-adik juga bisa menjadi penyelenggara menjadi anggota KPPS dan bisa belajar dari sana nantinya bagaimana proses pemilihan kepala daerah tersebut,” tutupnya (Rom)

Berita Terkait