Pemerintah Desa Kampung Baru Kelola Sampah Warga

  • Whatsapp
, Pemerintah Desa Kampung Baru urus sendiri sampah Rumah Tangga warganya. (kominfo)

PARIAMAN – Desa Kampung  Baru,  Kecamatan  Pariaman  Tengah  merupakan  kawasan padat penduduk.  Seiring  dengan  itu, volume  sampah rumah  tangga  banyak dibandingkan  desa lainnya.

Pemerintah  desa setempat  berinisiatif  penanganan sampah rumah  tangga menjadi kewenangannya.  Terhitung mulai 1 Mei 2020 Pemerintah Desa Kampung Baru telah memberlakukan pengambilan sampah ke rumah warga  melalui petugas kebersihan yang telah ditunjuk kepala desa.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Kampung Baru, Rasyid, Rabu (6/5) di kantor desa setempat  mengatakan, saat ini pihaknya   baru bisa menyediakan dua becak motor untuk menjemput sampah. Kedua becak motor itu dibeli dari dana desa.

“Untuk satu bulan ini sampah rumah tangga yang ada di Desa Kampung Baru ini, kita gratiskan untuk pembayarannya sembari membagi-bagikan surat edaran tentang pengambilan dan pembuangan sampah kepada masyarakat. Melalui  surat  edaran ini tidak ada lagi masyarakat desa kampung baru yang membuang sampah mereka tidak pada tempatnya”, ujarnya.

Proses penjemputan sampah dimulai oleh petugas setiap harinya dari jam 6 pagi sampai dengan selesai. Warga cukup meletakan sampah mereka didepan rumah  masing-masing dan petugas akan mengambil sampah tersebut dan dibuang ketempat pengolahan sampah yang ada di Desa Jati, persisnya dilokasi pasar produksi.

Dengan adanya pengambilan sampah oleh Kepala Desa Kampung Baru ini berharap kepada masyarakat desa kampung baru untuk lebih peduli lagi akan kebersihan di lingkungan  masing-masing. (agus)

Pos terkait