Pembiayaan UMKM BSI Region Palembang Tumbuh 31,4%, Capai Rp 1,2 Triliun Year On Year.

Palembang – Kinerja BSI Region Palembang tumbuh positif dan solid. Hingga Mei 2024, portfolio pembiayaan UMKM BSI di Area Padang, Area Jambi, Area Bengkulu, Area Palembang & Area Lampung mencapai Rp4,9 Triliun.

BSI Region Palembang fokus dalam penyaluran pembiayaan UMKM karena segmen ini memberikan kontribusi 30% terhadap pembiayaan secara regional, dengan penyerapan UMKM sebanyak 41.148 nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa minat para pelaku usaha UMKM di wilayah regional Palembang yang meliputi Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung dan sekitarnya cukup baik dan sudah memilih perbankan syariah sebagai preference untuk pembiayaan usaha.

Ari Yusnairy Muslim, RCEO BSI Region Palembang mengatakan, “Saat ini kami telah memiliki lebih dari 105 outlet di bawah supervisi BSI Region Palembang yang bisa diakses masyarakat untuk melayani kebutuhan finansial, salah satunya pembiayaan SME, usaha kecil dan menengah serta KUR,” katanya.

Masyarakat bisa mengakses pembiayaan UMKM di BSI dengan cukup mudah dan kompetitif, didukung dengan skema akad syariah yang jelas, angsuran yang tetap sehingga skema pembiayaan syariah di BSI membantu pelaku usaha UMKM untuk mengatur cashflow secara tepat dan effisien.

“Kinerja Regional Palembang cukup solid hingga Mei 2024 (year to date). Hal ini didorong oleh rasio pendanaan dan pembiayaan yang seimbang, yakni DPK mencapai Rp17,9 Triliun dengan total pencairan pembiayaan mencapai Rp 4,58 Triliun,” ungkapnya.

Di wilayah regional Palembang, dukungan terhadap UMKM terus diimplementasikan diantaranya pendampingan UMKM dan pemberian sertifikasi halal, akses permodalan serta mengikutsertakan UMKM binaan dalam pameran/showcase pelaku usaha, serta program peningkatan skill kewirausahaan.

Talenta Wirausaha BSI yang merupakan program kompetisi dan pendampingan UMKM secara intensif dan di akhir kegiatan para pemenang akan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. selain itu, di tiga wilayah yakni Aceh, Yogyakarta dan Surabaya juga BSI memiliki UMKM Center yang menjadi hub para pelaku usaha untuk saling update dan pelatihan bisnis serta display produk yang terbuka untuk umum. (Hendri)