Pelamar MAPK Padang Panjang Membludak

  • Whatsapp

PADANG PANJANG‐-Minat anak masuk Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Padang Panjang setiap tahunnya selalu tinggi. Pada PPDB tahun pelajaran 2021 ini, jumlah pelamar mencapai 1045 orang.

“Pendaftaran dibuka selama satu bulan, mulai 11 Januari hingga 11 Februari. Yang mendaftar mencapai 1.045 orang. Jumlah ini tertinggi dari seluruh MAPK se-Indonesia,” kata Kepala MAN/MAPK Padang Panjang, Agustamam di Padang Panjang, Kamis (4/3).

Agustamam yang didampingi wakil kepala, Zulasmi menjelaskan, yang akan diterima untuk lokal nasional pada tahun ini hanya 48 siswa (1 lokal laki-laki, 1 lokal perempuan). Bagi calon siswa yang tidak diterima pada lokal nasional akan ditampung di lokal reguler sebanyak 3 lokal dengan program yang sama dengan lokal nasional.

Ujian masuk MAPK dilaksanakan oleh panitia lokal dengan pengawasan dan bimbingan dari Kemenag Pusat. Adapun bentuk ujian berupa ujian tulis CBT melalui daring dan luring serta wawancara during dan luring.

“Mulai tahun 2021 ini, kelas nasional MAPK ditempatkan di Kampus 2, Komplek Islamic Center Padang Panjang. Siswa MAPK nasional di Kampus 2 ini digembleng dari segi ibadah dan kemampuan berkhutbah dan ceramah di masjid megah tersebut,” katanya.

Pos terkait