Pelaksanaan Mega Gebyar Vaksinasi Sukses

  • Bagikan
 Mega gebyar vaksinasi yang digelar Pemko Payakumbuh berhasil menyalurkan 3.500 lebih dosis kepada masyarakat dalam tiga hari pelaksanaannya di halaman Balaikota Payakumbuh, Sabtu (24/7). (bule)

PAYAKUMBUH – Pelaksanaan mega gebyar vaksinasi yang digelar Pemko Payakumbuh berjalan lancar dan sukses. Bahkan dalam tiga hari pelaksanaannya, total vaksin yang tersalurkan mencapai lebih dari 3.500 dosis. Dengan rincian lebih dari 900 dosis vaksin tersalurkan dalam mega gebyar vaksinasi di hari pertama.

Setelah itu, pada pelaksanaan di tiga titik selanjutnya, masing-masing di halaman balaikota, Kantor Camat Payakumbuh Utara dan Payakumbuh Barat, ada sebanyak 1.447 dosis tersalurkan dan pada Sabtu (24/7), juga ada sebanyak 1.152 dosis.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Minggu (25/7), mengatakan, dari rencana awal pelaksanaan mega gebyar vaksinasi ini digelar selama lima hari. Namun dirinya harus mengubah kebijakan terkait pelaksanaan itu, dengan diliburkan dua hari pasca Idul Adha. “Setelah dilakukan evaluasi, mengingat Pemko Payakumbuh ingin memberi kesempatan masyarakat untuk fokus pada kegiatan berkurban pada hari pasca lebaran Idul Adha,” ujarnya.

Menurutnya, melihat angka capaian yang cukup tinggi dalam mega gebyar vaksinasi ini, dirinya menyampaikan apresiasi kepada semangat tenaga kesehatan dan masyarakat dalam menyukseskan mega gebyar vaksinasi ini.

“Kita berterimakasih kepada perangkat RT, lurah, camat, TNI, Polri dan stakeholder lainnya yang turut menyukseskan mega gebyar vaksinasi ini. Vaksin adalah hak masyarakat, vaksin tak menjamin tidak bisa positif Covid-19, tetapi fungsi vaksin agar mereka bisa imun terhadap dampak Covid-19 bila suatu saat terpapar,” tambahnya.

Dikatakan, selepas ini Satgas Covid-19 di Kota Payakumbuh juga melakukan evaluasi dahulu pasca pelaksanaan mega gebyar vaksinasi ini. Pihaknya akan terus mengusahakan agar warganya bisa tervaksin di angka lebih dari 75 persen. “Untuk sementara kita evaluasi dulu. Kemungkinan pelaksanaan vaksinasi kedepan dilaksanakan di Puskesmas saja atau kantor camat. Intinya, masyarakat tetap terus kita fasilitasi untuk divaksin gratis dan kita akan mengusahakan stok vaksin cukup bagi warga kita,” pungkasnya. (207)

  • Bagikan