Peduli Kesejahteraan Karyawan, Perusahaan dan Rumah Makan Sumbar Raih Paritrana Award 2019

  • Whatsapp
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Yuniman Lubis beserta Direktur Utama PT Kunango Jantan Asril, Direktur Gita Ariesta, Manager HRD Dedek dan lainnya mengikuti video convrence Paritrana Award 2019 di PT Kunango Jantan Group, Rabu (12/8) yang turut diikuti oleh Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin, Sejumlah Menteri dan Kepala Daerah.(rian)
PADANG-PT. Kunango Jantan, menerima Paritrana Award 2019 dari pemerintah pusat. Perusahaan yang fokus dalam penyedia, pemoresan, dan distribusi plat baja dan beton siap pakai itu berhak menerima penghargaan karena dinilai patuh dalam menjalankan program jaminan sosial ketenagakerajaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Padang, Yuniman Lubis mengatakan PT. Kunango Jantan adalah perusahaan kategori perusahaan menengah pertama yang mendapat penghargaan Paritrana di Sumbar.

“Kami ucapkan selamat kepada PT. Kunango Jantan, karena mendapatkan Paritrama Award tahun ini,” kata Yuniman Lubis, usai penyerahaan penghargaan Paritrana 2019 secara virtual, Rabu (12/8) di Komplek PT. Kunango Jantan By Pass Padang.

Dijelaskan Yuniman, ada pun kriteria penerima penghargaan Paritrana adalah perusahaan yang patuh membayar iuran tanpa menunggak, menggunakan aplikasi-aplikasi yang disediakan BPJamsostek, kepatuhan pelaporan tenaga kerja. Kemudian upah yang dilaporkan perusahaan juga sesuai dengan yang diterima karyawan. Dan semua pekerja diikutsertakan dalam program BPJamsostek

“Dalam ketentuannya perusahaan besar dan menengah itu wajib memasukan karyawannya 4 program. PT. Kunango Jantan telah melaksanakannya sesuai ketentuan,” terang Yuniman didampingi Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, Dwi Emanto Rahman Hajianto.

Disebutkannya, tahun ini Sumbar mendapat dua kategori Praritrana , pertama kategori perusahaan menengah oleh PT. Kunango Jantan dan kategori kecil mikro diberikan kepada Rumah Makan Salero Kampuang di Solok.

“Rumah makan Salero Kampung juga taat dan patuh membayarkan iuran BPJamsostek karyawannya,” sebut Yuniman.

Direktur Utama PT. Kunango Jantan, Asril SH, mengucapkan syukur atas penghargaan yang diraih perusahaannya. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada BPJamsostek yang sudah memfasilitasi perusahaannya sampai ke tingkat nasional.

“Semoga dengan penghargaan ini bisa memotivasi kami lebih disiplin dalam mengikuti BPJamsostek. Kami juga berharap, apa yang kami dapat juga menginpsirasi perusahaan lain,” kata Asril.

Disebutkan Asril, perusahaannya telah mendaftarkan karyawan sebagai peserta BPJamsostek sejak 2003 lalu. Selama itu perusahaanya taat membayar iuran, sampai masuk masa wabah pandemi Covid-19.

Rencana ke depan, yang akan dilakukan Asril, dengan adanya penghargaan tersebut, dia akan lebih mensejahterakan para karyawannya.

“Jika pabrik kami di Pekanbaru dapat memberikan gaji 24 kali dalam setahun, ke depan insyaallah pabrik di Padang juga begitu,” sebutnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Direktur PT. Kunango Jantan, Gita Ariesta.

“Kami ucapan terimakasi pada BPJamsostek atas penghargaan ini. Semoga apa yang kami dapat bisa mendorong perusahaan lain untuk taat dan patuh menjalankan program BPJSTK. Sebab dengan program ini seluruh karyawan merasa terlindungi,” katanya.

Saat ini PT. Kunango Jantan berjumlah sekitar 600 orang. Jumlah itu untuk Padang dan Pekanbaru. Atas penghargaan itu PT. Kunango Jantan mendapatkan satu unit mobil.

Sementara, pemberian penghargaan dengan jalur virtual itu, turut dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah. 107

Pos terkait