Pasien Sembuh Covid Lebih Banyak Dibanding yang Positif

  • Whatsapp
Bakhrizal. (antara)

PAYAKUMBUH-Dalam dua hari terakhir di Kota Payakumbuh penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih saja terjadi. Tercatat sebanyak 9 orang terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan angka kesembuhan mengalahkan angka kasus positif, yakni sebanyak 10 orang. Meski bertambah, tapi kasus positif Covid-19 sudah bisa dikalahkan oleh pasien sembuh.

Kadiskes Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada Singgalang, Jumat (4/12), mengatakan, meski kasus positif terus melandai, tapi masyarakat tidak boleh lengah dengan protokol kesehatan. Budaya 3M yang diterapkan oleh Satgas Covid-19 yaitu dengan memakai masker, sering cuci tangan dengan sabun dan tetap menjaga jarak atau hindari kerumunan, harus tetap dipertahankan.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap, kedepan kasus positif Covid-19 di kota randang ini, terus melandai. Dan yang sembuh makin banyak. Sehingga diharapkan, dalam beberapa bulan ke depan tak ada lagi warga kota yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini. Dan kami dari tenaga kesehatan juga akan terus menggalakan 3T yaitu terus melakukan tracing, tracking dan treatmen, terhadap warga kota yang kontak erat dengan mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, hingga Kamis (3/12) sore, total kasus terkonfirmasi positif sudah total berjumlah 555 orang. Sedangkan yang sembuh, total berjumlah 481 orang.

“Berdasarkan data dari Kabid Kesehatan Masyarakat Fatma Nelly, tambahan tiga kasus positif Covid-19 pada hari Kamis itu, masing-masing perempuan K, 48 tahun, karyawan membuat kerupuk, warga Kelurahan Parik Muko Aia. Selanjutnya, perempuan YN, 32 tahun, IRT, warga Kelurahan Koto Tuo Limokampuang dan lelaki H, 24 tahun, pegawai Bapelitbang Tanah Datar, warga Kelurahan Labuh Basilang. Kemudian, empat orang yang sembuh hari itu adalah dua dari Kelurahan Padangtongah Balai nan Duo, masing-masing Moenica Kartika, 29 tahun dan Muhammad Akhdan, 17 tahun. Kemudian dua orang warga Kelurahan Koto Tangah, yaitu Dewi Mulia, 40 tahun dan Dian Firmana, 30 tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19, yang dihubungi terpisah, menghimbau kepada warganya, agar sama-sama peduli dengan sesama, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan pakai masker kemana pergi. Juga tetap menerapkan protokol kesehatan kalau keluar rumah dan menghindari kerumunan.

“Kita minta petugas tegas menindak, baik warga sipil maupun pegawai pemerintah. Siapapun yang melanggar sanksinya sama. Apabila ada pelanggar yang membawa masker, tapi tidak dipakainya tetap ditindak juga,” ucap Wako Riza.

Data Covid-19 yang diterima dari Dinkes per hari Kamis (3/12) adalah suspect sebanyak enam orang, kasus konfirmasi sebanyak 555 orang. Kemudian sembuh sebanyak 481 orang, isolasi sebanyak 66 orang, dirawat sebanyak 0 orang, meninggal dunia sebanyak delapan orang, kontak erat sebanyak 12 orang dan discarded sebanyak 9.857 orang, dengan total tes Swab yang dilakukan sebanyak 11.275 orang. 207

Pos terkait