Pasca Dilanda Longsor, Material Longsor di Jalan Kandang Itiak, Kecamatan Batipuh Selatan Dibersihkan

  • Whatsapp
Proses evakuasi material longsor di Jalan Kandang Itiak. (Ist)

Batusangkar – Akses jalan provinsi di kawasan yang dilanda longsor di Kandang Itiak, Jorong Kubu Gadang Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan berupaya dibuka  masyarakat bersama petugas lapangan dari jajaran Forkopimda serta Pemkab Tanah Datar.

Dinas PUPR Tanah Datar dibantu personil BPBD, anggota Polri, TNI, dan masyarakat melakukan pembersihan material longsor yang menutupi jalur Padang Panjang-Sumpur-Malalo ke kawasan Kabupaten Solok. Jalur ini tidak bisa dilalui kendaraan sejak Rabu, (3/6) malam.

Camat Batipuh Selatan Herru Rachman mengatakan, petugas dan masyarakat mengupayakan pembersihan dengan maksimal agar kendaraan bisa melewati jalur ini.

“Semua berjibaku untuk membersikan material longsor, dan berharap dapat segera diselesaikan,” ucap Camat  Herru Rachman.

Katanya, akibat longsor tersebut telah menutup akses jalan sepanjang 30 meter dengan ketinggian material mencapai satu meter.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Batipuh Selatan, mengakibatkan terjadinya longsor yang mengakibatkan lima rumah warga dan satu mushalla mengalami kerusakan, dan dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa atau terluka.

Herru merinci, lima rumah warga yang mengalami kerusakan dan sudah diungsikan itu adalah Nofriadi umur 50 tahun, sopir, rusak pekararangan rumah, M. Nur 65 tahun, petani, rumah rusak berat, Syafril, 65 tahun, petani, rumah rusak ringan, Ermawati, umur 54 tahun, ibu rumah tangga, dapur rumah rusak, dan Zurni, umur 50 tahun, petani, rumah usak ringan, serta Mushalla Al Kausar mengalami rusak ringan. (521)

Pos terkait