Pasar Terakhir Ramadhan, Harga Stabil di Lubuk Basung

  • Whatsapp
Suasana pasar tradisional Padang Baru Lubuk Basung. Secara umum harga pangan pokok normal. (lukman)

LUBUK BASUNG – Pasar terakhir jelang Idul Fitri di Lubuk Basung, Agam, secara umum harga bahan pokok, normal, kecuali beberapa komoditi, di antaranya daging. Daging dari sebelumnya Rp120 ribu/kg, naik jadi Rp140 ribu/kg.

Hasil survei harga Dinas Perindagkop Agam di Pasar Padang Baru, Sabtu (23/5), menggambarkan tidak terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok menghadapi lebaran tahun ini.

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Dinas Perindagkop melalui Kabid Perdagangan Nelfia Fauzana, tak ada lonjakan harga jelang lebaran ini.

Covid-19 tidak membawa perubahan terhadap naik turunnya harga pangan pokok di Lubuk Basung. Tapi Covid mampu mengubah pasar Padang Baru dari semula pasar mingguan jadi pasar harian.

Begitu juga pasar di Terminal Antokan di Pasar Lama Lubuk Basung, juga sudah berubah jadi pasar harian. Sebelumnya hari pasarnya di Terminal Antokan ini Rabu Sabtu, kini berubah jadi pasar hari.

“Tidak repot lagi kita mikir-mikir kapan akan berbelanja, setiap hari semenjak PSBB sudah ada pasar,” omongan dua ibu rumah tangga yang tengah berbelanja itu.

Pasar tradisional itu diatur Tim Covid-19 sesuai aturan PSBB, jarak antar pedagang dengan pedagang, jarak antara pembeli dengan pedagang, jarak antara pembeli dengan pembeli.

Tapi yang jelas, harga bahan pangan pokok secara umum tidak ada kenaikan selain daging. Harga beras, tetap Rp12 ribu/kg, gula pasir Rp18 ribu/kg, minyak goreng Bimoli botol biasa 1 liter Rp14 ribu/botol, minyak goreng tanpa merek (Curah) Rp12 ribu/liter. Tepung terigu boga sari Rp10 ribu/kg. (lukman)

Pos terkait