Pasar Pakan Kamis dan Pasa Pabukoan Ditutup

  • Whatsapp
Pasar Pakan Kamis, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona covid-19 dalam masa PSBB tahap II ini. (Maswir Chaniago)

LUBUK BASUNG – Setelah beberapa pasar nagari di berbagai kecamatan di Agam ditutup, hari ini, Minggu (10/5) giliran pasar Pakan Kamis, Kecamatan Tilatang Kamang yang ditutup. Namun penutupan pasar Pakan Kamis hari khusus untuk hari pasar biasa, yaitu Minggu dan Kamis. Namun pasar pakan Kamis dibuka seperti biasa tetapi hatinya diganti, yaitu menjadi Senin, Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu. Sementara Pasa Pabukoan di kompleks pada Pakan Kamis mulai Minggu ditutup total.

Ditutupnya pasa Pakan Kamis dan dialihkan kepada hari lain berdasarkan keputusan bersama antara panitia dan pengelola pasar Pakan Kamis dengan Camat, Kapolsek, Danramil, Walinagari Koto Tangah, Gadut dan Kapau serta Kepala Puskesmas Pakan Kamis dan Kapau. Keputusan bersama itu ditetapkan pada Senin (4/5) dalam suatu pertemuan khusus di aula kantor Walinagari Koto Tangah yang dihadiri anggota DPRD Kabupaten Agam asal Tilatang Kamang.

Bacaan Lainnya

Beberapa keputusan yang disepakati dan sudah disosialisasikan kepada masyarakat dan pedagang, yakni pasar Pakan Kamis ditutup untuk hari Minggu dan Kamis, namun bisa dibuka pada hari Senin, Selasa, Rabu, Jumat dan Sabtu. Setiap pengunjung pasar Pakan Kamis wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin. Pedagang yang berasal dari luar Kecamatan Tilatang Kamang lamo untuk sementara waktu tidak diizinkan berjualan di pasar Pakan Kamis. Kemudian, pasar Pabukoan di lokasi pasar Pakan Kamis ditutup total. Keputusan itu mulai berlaku Minggu (10/5) sampai kondisi betul-betul kondusif sesuai protokol kesehatan.

Imbauan tentang ditutupnya pasar Pakan Kamis sudah disampaikan ke masyarakar dan pedagang serta melalui spanduk yang dipajangkan di jalan masuk pasar Pakan Kamis dan los pasar.

Dari Pantauan Top Satu Minggu pagi, tidak ada gejolak yang muncul dengan ditutupnya pasar Pakan Kamis dan Pasar Pabukoan demi mencegah penyebaran virus corona covid-19 di wilayah Pakan Kamis khususnya. (wir)

Pos terkait