Panen Raya Sungai Pisang, Spirit Memajukan Daerah

  • Whatsapp
Panen raya di Sungai Pisang yang dilakukan oleh gubernur, kapolda, kapolretas, TNI dan lainnya. rahmat zikri

PADANG-Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memuji Polri dan TNI yang ikut menjaga ketersediaan pangan di daerah ini. Lahan-lahan kosong terisi tanaman produktif, yang bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Kemarin gubernur, kapolda, TNI, kapolres dan jajaran terkait lainnya menggelar panen raya. Ada padi, buah-buahan, sayuran dan tanaman bermanfaat lain.

“Kita senang Polri dan TNI ikutserta jaga ketersedian pangan. Kemarena pepaya, sayur dan padi. Ada banyak lahan kosong masyarakat yang dapat dikerjasamakan Polri/TNI dengan program cetak sawah baru. Lahan kosong bisa saja lahan yang tidak olah masyarakat karena pergi merantau. Tentunya bisa dilakukan pembagian yang saling menguntungkan. Panen Raya sebagai spirit kemajuan daerah,” kata Irwan Prayitno, saat panen raya secara serentak se Indonesia yang dilakukan secara virtual bersama Panglima TNI dan Kapolri, di Sungai Pisang Kecamatan Teluk Kabung Kota Padang, Kamis (9/7/2020).

Hadir dalam kesempatan itu Kapolda, Fokopimsa Sumbar, Wakil Walikota Padang, Kadis Pertanian, Plt.Kabiro Humas, beberapa OPD pemko Padang, tokoh masyarakat, ninik mamak, bundo kanduang.

Lebih lanjut Gubernur Sumbar menyampaikan, Sumatera Barat merupakan salah satu daerah penyumbang ketersedia pangan nasional terutama gabah tentunya ini menjadi perhatian kita bersama.

” Ada lahan di kabupaten Limapuluh Kota tanah perbukitan yang tidak ada pengairan dijadikan sawah dengan memakai alat pompanisasi yang diakukan pihak TNI. Pemanfaatan lahan kosong ini tentu akan mampu meningkatkan produksi panen padi kita di Sumatera Barat,” ungkap Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno juga mengatakan, dalam mengarab lahan kosong cetak sawah baru program cetak sawah baru yang dikelola TNI senilai Rp. 16 juta perhektar.

“Agar tidak salah persepsi kerjasama pemanfatan lahan kosong perlu disosialisasi pihak penyuluh kepada masyarakat. Kerena lahan tetap milik masyarakat bukan diambil alih oleh TNI. Dan kerjasama seperti juga akan membawa keuntungan bagi masyarakat setempat,” kata Irwan Prayitno

Kapolda Sumbar, Saya Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Toni Hermanto, mengucapkan terima kasih kepada para petani di Kota Padang ini, karena persedian panggan terus meningkat di Kota Bingkuang tersebut.

“Kawasan Kota Padang sebagian besar masyarakatnya adalah pekerja petani. Jadi menjadi hal yang wajar jika Kota Padang selalu mempunyai cadangan beras yang berlebih. Saat ini memang Bapak Presiden selalu mengaungkan ketahanan pangan selama pandemi covid-19,” sebutnya.

Ditempat terpisah Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan mengatakan, ia beserta para kaapolsek diwilayah hukum Polresta Padang siap mengawal ketahanan Pangan, terutama pupuk yang diperlukan oleh petani.

Pemuka masyarakat Sungai Pisang Febrian juga menyampaikan, panen raya ini bagian dari menggerakan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga ketahanam pangan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Babinkhatibmas dan Babimsa yang telah membantu karena dalam meningkatkan produksi pangan di dearah. Termasuk pemberian bantuan pupuk,” ucapnya.

Febrian juga menyampaikan, penduduk Sungai Pisang yang berjumlah lebih kurang 2.500 jiwa yang pada masa masa lalu hanya bergerak pada aktivitas ladang pertanian dan menangkap ikan.

” Namun saat ini telah menambahkan dengan kegiatan wisata pulau yang mampu meningkatan kesejahteraan, dimana banyak masyarakat mempergunakan perahu mereka untuk melayani wisatawan lokal maupun mancanegara, ” ungkapnya. mat

 

Pos terkait