Panen Raya Nusantara, Bukti Produktifitas Masyarakat Selama Pandemi Corona di Pariaman

  • Whatsapp
Walikota Pariaman Genius Umar melakukan panen jagung di lahan 1 hektar di Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Pariaman Tengah. [ist]

Pariaman – Walikota Pariaman, Genius Umar melakukan panen jagung Nusantara seluas 1 Ha  di Kelurahan Jalan Baru, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Selasa (14/7). Jagung yang dipanen, merupakan buah dari bibit jagung bantuan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman.

Lahan seluas 1 hektar  tersebut mulanya lahan tidur. Karena masa pandemi virus corona terjadi, masyarakat dilarang keluar rumah.  Bagi Syamsul Amri melalui  kelompok tani Mitra Tani Kelurahan Jalan Baru larangan keluar rumah, dimanfaatkannya mengolah lahan tidur dengan tanaman jagung.

Semangat  Syamsul  Amri  bersama  kelompok taninya dapat dukungan dari pihak  Kelurahan Jalan Baru dengan Bhabinkamtibmas Polres Pariaman dan Babinsa Kodim 0308 Pariaman. Sedangkan  pengawasan menjadi  tugas  Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan.

Walikota Genius Umar, mengapresiasi   yang dilakukan kelompok tani ini . Melalui kelompok tani dan binaan lurah, Babhinkamtibmas dan Babinsa  serta dinas terkait, sehingga mampu menghasilkan pertumbuhan nilai ekonomi baru ditengah-tengah masyarakat Kota Pariaman.

“Kita saat ini berada dalam bencana wabah dunia corona, yang mengakibatkan ekonomi menurun, produksi pertanian menurun, yang disebabkan daya konsumsi yang juga menurun, seperti jagung untuk makanan pokok ayam ini, diakibatkan permintaan distributor untuk ayam ini berkurang, maka harga bahan pokok makanan ayam ini juga berkurang,” ujar Genius.

Genius menghimbau setiap lurah atau kepala desa harus membuat terobosan inovasi dalam upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat di wilayah yang dipimpinnya dalam upaya peningkatan nilai ekonomi masyarakat.

Diungkapkannya, Pemko Pariaman, melalui kementerian terkait juga telah mengajukan permintaan bantuan untuk membantu Kota Pariaman dari segi ketahanan pangan.

Hadir dalam panen raya tersebut, Anggota Polsek Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, jajaran kecamatan Pariaman Tengah, lurah atau kepala desa se-Pariaman Tengah. (Agus)

Pos terkait