Operasi Bibir Sumbing Gratis di RS Unand

  • Whatsapp
Para dokter di RS Unand sedang melakukan operasi bibir sumbing, Senin (16/9). (*)

PADANG – Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas (Unand) menggelar bakti sosial berupa operasi gratis bagi penderita bibir sumbing, Senin (16/9) di ruang tunggu OK central RS tersebut. Tak hanya pada momen Dies Natalis Unand ke-63 ini saja operasi digratiskan, setiap hari RS Unand menerima pasien bibir sumbing tanpa dipungut bayaran.

“Masuk ke pagar RS Unand, kita siapkan fasilitas pengobatan dan operasi bibir sumbing, semua gratis,” kata Direktur RS Unand, Yevri Zulfiqar di sela acara bakti sosial yang diikuti 17 pasien bibir sumbing yang sudah mendaftar sebelumnya.

Ia mengatakan, operasi bibir sumbing ini merupakan kegiatan unggulan RS Unand, sebagai rumah sakit yang terbuka untuk umum. Layanan gratis ini katanya juga didukung oleh lembaga dari Amerika, untuk penanganan bibir sumbing dan langit-langit.

“Kita ingin jadikan RS Unand sebagai center bibir sumbing,” katanya.

Wakil Rektor III Unand, Prof. Hermansah yang membuka kegiatan bakti sosial mengapresiasi kinerja RS Unand. Ia menilai RS Unand sudah sangat presentatif dan mumpuni juga dengan tenaga ahli yang disediakan.

“RS Unand sejak diresmikan oleh Jusuf Kalla hingga saat ini sudah banyak progresnya,” katanya.

Perlu diingat juga, kata Hermansah, RS Unand bukan rumah sakit ujicoba, yang menyediakan pasien untuk dijadikan bahan penelitian. Menurutnya, RS ini tetap pada tugas utama, melayani masyarakat umum. Di samping itu untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian mahasiswa.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Unand, Arina Widya Murni menambahkan, bahwa untuk pelayanan bagi pasien bibir sumbing sudah disediakan alat-alat khusus untuk penanganannya.  (wahyu)

 

  • Whatsapp

Pos terkait