Oktober, Pacu Kuda di Bancah Laweh Digelar

oleh -798 views
Walikota Padang Panjang Fadly Amran bersama Walikota Payakumbuh Riza Falepi saat pembukaan Pacuan Kuda Lebaran Cup V Anak Nagari Koto Nan Godang, Minggu (16/6) di Payakumbuh. (Ist)

PADANG PANJANG – Keinginan masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya dihidupkannya kembali pacu kuda di Gelanggang Bancah Laweh, direspon positif Walikota Fadly Amran. Bahkan walikota sudah menetapkan waktu pelaksanaan, yakni pada Oktober 2019 mendatang.

“Kita akan hidupkan lagi pacu kuda di Padang Panjang. Kita rencanakan iven ini akan digelar pada akhir Oktober nanti,” kata Fadly Amran usai memenuhi undangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada pembukaan Pacuan Kuda Lebaran Cup V Anak Nagari Koto Nan Godang, Minggu (16/6) di Payakumbuh.

Walikota mengaku, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk menghidupkan kembali pacu kuda di Bancah Laweh, salah satunya membenahi gelanggang dan kandang kuda. “Mudah-mudahan kita bisa mempersiapkannya sebaik mungkin,” harapnya.

Keseriusan dalam menyelenggarakan kembali hiburan rakyat yang telah mati suri hampir 4 tahun itu, tampak dari usaha Walikota Fadly Amran yang tak segan – segan untuk mencari langsung referensi dan rekomendasi dari daerah lain, seperti Payakumbuh.

Di Kota Botiah itu, iven pacu kuda rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Bukan satu kali setahun, melainkan dua kali dalam setahun.

“Tadi kita sudah mendapatkan sejumlah rekomendasi dan referensi penyelenggaraan ataupun teknik di lapangan. Ini semata-mata untuk masyarakat Kota Padang Panjang yang sangat merindukan sekali perhelatan pacu kuda di Padang Panjang,” ujar Fadly.

Di Payakumbuh, Fadly Amran disambut dengan penuh kehangatan dan keakraban. Tak hanya disambut Walikota Riza Falepi, Fadly juga disambut Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunas, Sekdako Rida Ananda dan jajaran pejabat Pemko Payakumbuh.

Fadly sempat diajak melihat langsung sejumlah fasilitas penunjang, seperti kandang kuda dan venue lainnya. Dalam kesempatan itu walikota didampingi Kepala Dinas PUPR Yas Edizarwin dan pejabat terkait lainnya. (Jas)

Loading...