Nagari Lunang Tiga Terkejut Masuk Nominasi Badan Publik Terbuka

oleh
Tim Visitasi KI Sumbar sasar penikaian ke nagari Lunang Tiga Kecamatan Lunang Kabupaten Pessel, disambut antuasi aparatur nagari tersebut, Kamis (27/9). (ist)

PAINAN -Nagari Lunang Tiga Kecamatan Lunang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menjadi sasaran kunjungan Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Sumbar dalam rangka menilai ketebukaan informasi publik kategori badan publik pemerintahan nagari.

Walinagari Shobirin dan Tim Visitasi KI Syamsu Rizal, Arfitriati dan Adrian Tuswandi sama-sama terkejut.

“Terus terang saya dan perangkat nagari terkejut kami masuk nominasi dan dinilai dengan datang langsung tim visitasi KI Sumbar,”ujar M Shobirin, Kamis (27/9) saat penyambutan tim didampingi PPID Pemkab Pesel.

Meski terkejut, Shobirin baru jadi Wali Nagari Lunang Tiga bersyukur. “Kami bersyukur karena menjadi satu dari dua nagari di Pessel menembus nominasi badab publik terbuka yang dinilai KI Sumbar yang punya kewenangan menilai berdasarkan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,”ujar Shobirin.

Menurut M Shobirin keterbukaan bagi Nagari Lunang Tiga adaah sebuah keharusan, dan keberhasilan dinilai KI Sumbar hari ini tidak lepas dari pembinaan dilakukan PPID Utama Pemkab Pessel.

“Termasuk suport dari Bupati Hendrajoni, sehingga di Lunang Tiga keterbukaan tidak keniscayaan,”ujarnya.

Keterkejutan juga menyelimuti Tim Visitasi mengikuti staf Tiwi Utami dan Hendri, tidak menyangka disambut antusias oleh Wali Nagari dan jajarannya.

“Melihat penyambutan ini terasa pejabat tinggi kita, dan tiga tahun KI Sumbar melakukan penilaian badan publik, di Lunang Tiga terasa beda,”ujar Ketua KI Sumbar Syamsu Rizal.

Arfitriati, Wakil Ketua KI Sumbar, melihat penyambutan wali nagari Lunang Tiga terhadap penilaian ini adalah surprise

Lunang Tiga beruntung karena punya pendamping dana desa yang punya visi membangun dan terbuka informasi publik.

Terbukti di kantor wali nagari ada wifi gratis dan punya website lunangtiga.nagari.pesisirselatan.go.id.  (rel/yuke)

 

Loading...