Nagari Batu Kalang Siapkan Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19

  • Whatsapp
Ketua Bamus Nagari Batu Kalang, Kecamatan padang Sago, Amiruddin menyerahkan BLT DN setempat kepada masyarakatnya. (agus)

PARIAMAN – Sebanyak Rp 288,9 juta  Dana Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, disediakan untuk masyarakatnya yang terdampak virus Covid-19. Dana tersebut di anggarkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Nagari selama enam bulan dengan jumlah penerima 107 Kepala Keluarga (KK).

Hal itu disampaikan Wali Nagari Batu Kalang, H. Jamarusti dalam rapat khusus dengan Bamus Nagari, Selasa, (26/5/2020) di aula kantor Nagari setempat.

Bacaan Lainnya

Jamarusti, mengatakan bantuan akan diserahkan secara bertahap. Tahap pertama diserahkan langsung untuk dua bulan, yakni April dan Mei 2020, sesuai petunjuk dari DPMD Padang Pariaman.

Dikarakan Jamrusti, terlambatnya penyaluran BLT dari Dana Nagari ini, karena Tim Covid 19 Nagari Batu Kalang, terpaksa bekerja cek and ricek ke lapangan terhadap masyarakat yang akan diberikan bantuan BLT tersebut. “Kami bekerja Tim dan tidak sendirian, karena masaalah bantuan sangat sensitif,” ucap Jamrusti .

Menurut Wali Nagari Jamarusti, sebelum BLT DN diturunkan, dana DN juga sudah dipotong pihak Kabupaten Padang Pariaman Rp10 juta dan ADN Rp. 65 juta . Sehingga total dana nagari yang terimbas Covid 19 Rp363 juta rupiah.

“Dengan demikian ada beberapa kegitan kegiatannya ditiadakan disebakan anggarannya telah dialihkan buat Covid 19,” tukuk Jamrusti.

Di tempat terpisah, Sekretaris Nagari Batu Kalang Dewi Ratna Sari, SE mengatakan penerima BLT DN sebanyak 107 orang , berada di empat korong dengan pembagian penerima disesuaikan dengan jumlah KK pada masing-masing korong.

“Korong yang KK nya, terbanyak. Jumlah penerima berbeda degan korong yang sedikit KK nya. Pokoknya, kami berusaha seadil-adilnya dan tidak ada membedakannya, sesuai dengan jumlah anggaran yang tersedia,” ujar Dewi didampingi Wali Korong Puncu Ruyung Agus Salim.

Anduang Surau (880 salah seorang penerima BLT DN Nagari Batu Kalang, berterima kasih atas adanya bantuan ini. Karena di samping usia sudah tua dan tidak bisa bekerja, ditambah lagi dengan tidak boleh ke luar rumah, makan bergizi di rumah saja. “Kalau awak indak bapitih, samo apo makan bergizi,” tutur Andung Surau sambil tersenyum.

Sementara itu, Ketua Bamus Nagari Batu Kalang, H. Amiruddin mengatakan, Bamus sesuai dengan tugasnya selalu mengawasi kinerja Wali Nagari bersama erangkatnya. Kalau ada yang kurang tepat kitaanjurkan supaya diluruskan, dengan harapan semua dalam kondisi aman dan nyaman.

“Kalau bisa diipermudah untuk apa dipersulit ,” tukuk Amiruddin didampingi anggotanya Jamawir Yatim. (agus)

Pos terkait