Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Agam Turunkan 1.592 Pantarlih

Komisi Pemilihan Umum. (progres)

LUBUK BASUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, menurunkan 1.592 orang Panitia Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih) untuk mendata mayarakat ke setiap rumah, yang belum terdata oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Ketua KPU Agam, Alhadi, Rabu (11/4) mengatakan, Pantarlih akan turun ke lapangan pada 17 April hingga satu bulan ke depan, dengan cara menelusuri ke setiap rumah warga yang ada di daerah itu, baik yang belum terdata di BPS maupun sudah terdata.

“Pantarlih dilibatkan kepada warga yang berasal dari setiap jorong yang ada di Kabupaten Agam, karena mereka tau kapan warga bisa ditemui untuk pendataan,” katanya.

Pendataan yang dilakukan berupa mencoret data nama warga yang sudah meninggal, termasuk TNI dan Polri, memasukkan pemilih yang belum terdata dalam format model A, dan memasukkan data warga yang baru memenuhi syarat sebagai pemilih.

Pantarlih yang diturunkan meningkat dari Pemilu sebelumnya. Dulu hanya 1.400 orang, sehingga diharapkan kali ini tidak ada penduduk yang tertinggal.

Di antara kendala yang ditemukan, seperti warga yang tidak ada di kampung tetapi tidak memiliki surat pindah, tidak memiliki e-KTP, padahal ini menjadi salah satu syarat untuk pemilu, bahkan warga juga ada yang enggan memberikan data. (mursyidi)

Loading...