Musim Hujan, Waspadai DBD

  • Whatsapp
Ilustrasi. (klikdokter)

LUBUK SIKAPING – Musim hujan adalah waktu bagi nyamuk berkembang biak, terutama jenis aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, Arnida mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat serta menciptakan lingkungan yang bersih guna mewaspadai serta mencegah nyamuk aedes aegepty tersebut berkembangbiak.

Baca Juga

Kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal disampaikannya merupakan upaya agar dapat terhindar dari DBD. “Mari menjaga kebersihan dari jentik nyamuk dan menghindari gigitan nyamuk dengan cara menguras tempat penampungan air,” pesan Arnida, Senin (26/8).

Tindakan ini kata dia, adalah pencegahan utama penyakit DBD dalam membasmi penyebaran vektor-patogen dengan cara menghancurkan, mengubah, menghapus atau mendaur ulang wadah yang menjadi tempat telur nyamuk bersarang. Jentik nyamuk itu tumbuh di genangan air yang tidak mengalir seperti tempat penampungan air. “Oleh karena itu, rutinlah menguras dan membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, baskom, vas bunga, pot tanaman, dan akuarium,” imbau Arnida.

“Untuk penampungan air yang besar, rutinlah berikan bubuk abate agar terbebas dari jentik nyamuk. Tutup rapat tempat-tempat penampungan air ini agar nyamuk tak membuat sarang di situ,” tambahnya. (yolan)

 

Rekomendasi