Menulis Cerita Rakyat Sawahlunto Disayembarakan

  • Whatsapp

SAWAHLUNTO-Cerita Rakyat Sawahlunto dituangkan dalam bentuk tulisan melalui sayembara menulis. Sayembara ini digagas Komunitas Literasi Ombilin (KOLOM) Sawahlunto.

“Sayembara dengan tajuk ‘Sawahlunto Sejuta Cerita Rakyat’ dibuka untuk umum dan pelajar,” kata Sekretaris KOLOM, Fadilla Jusman, Selasa (30/6).

Dikatakannya, kategori pelajar, SLTP dan SLTA. Kategori umum, mahasiswa dan masyarakat luas. Peserta yang ikut tidak dibatasi dan boleh mengirimkan lebih dari satu naskah dari 25 Juni hingga 30 Juli 2020.

Panitia, sebut Fadil menyediakan total hadiah Rp7,5 juta bagi pemenang sayembara. Diungkapkannya, sayembara ini digelar sebagai wahana bagi pelajar dan masyarakat untuk beralih fokus dari permasalahan pandemi covid-19. Seraya menjalani adaptasi kebiasaan baru atau normal baru.

Menurutnya, banyak cerita rakyat di kota ini yang belum tertuang dalam tulisan. Hanya masih sebatas kaba. “Hal ini membuat Komunitas Literasi Ombilin tergelitik menggagas sayembara Cerita Rakyat Sawahlunto,. Insya Allah, puluhan cerita yang terbaik dirangkum dalam satu buku. Sekaligus bisa mendukung pengembangan pariwisata Sawahlunto,” ujar Fadil.(cong)

Pos terkait