Menuju BUMDes Percontohan Nasional, BUMNag Harus Kreatif Buat Usaha

oleh -212 views
Staf Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Febby Dt. Bangso berikan arahan bagi peserta Bimtek Kemendes, Senin (16/7) di Hotel Pusako, Bukittinggi. Yose

BUKITTINGGI-Staf Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) Febby Dt. Bangso mendesak Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) untuk menjadi BUMDes percontohan nasional. Dengan status itu, BUMNag akan mendapatkan dana stimulan yang lebih besar dari Kementrian Desa.

“Kami harapkan BUMNag di Sumbar ini menjadi percontohan. Dengan itu BUMNag akan menjadi perhatian dari pemilik modal, terutama bank,”sebut Febby pada bimbingan teknis BUMNag menuju BUMDes percontohan nasional untuk BUMNag/BUMDes penerima bantuan anggaran 2018 di Hotel Pusako Bukittinggi, Senin (16/7).

Dikatakannya untuk memajukan BUMNag diperlukan ide yang kreatif. Terutama menjadikan masalah di nagari tersebut peluang. Karena dengan menyediakan penyelesaian masalah masyarakat peluang usaha, BUMNag akan lebih baik. Diantaranya dengan menggandeng perbankan. Memanfaatkan produk-produk perbankan di nagari.

“Dengan menjadi agen bank, perpanjangan tangan bank. Makanya itu bisa dijadikan usaha BUMNag,”katanya.

Produk-produk bank yang dapat dimanfaatkan untuk usaha BUMNag adalah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Karena pemanfaatan KUR masih sangat minim. Secara keseluruhan baru mencapai 38 persen.

Di sisi lain, masyarakat petani khususnya enggan mengurus KUR. Alasannya sulit dan tidak ada waktu.

“Dengan mempermudah masyarakat itu peluang usaha,”katanya.

Diharapkannya, pemanfaatan dana desa jangan hanya untuk pembangunan jalan semata. Hendaknya juga mengembangkan BUMNag sebagai penopang kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, majunya BUMNag nantinya tidak hanya mengutamakan untung rugi. Tapi dampaknya pada dampak sosial.

“Sosial benefitnya akan ada jika BUMNag maju. Contohnya usaha keuangan perbankan, dengan mempermudah masyarakat adalah sosial benefit,”ujarnya.

Dalam kesempatan itu, panitia menghadirkan Bank BNI sebagai narasumber yang dapat menjadi mitra bagi BUMNag. Salah satunya produk BNI Life Pandai Plus yang menjanjikan insentif bagi agen BNI Life. Dengan itu pengurus BUMNag bisa menjadi agen.

“Kami memang diminta untuk mengembangkan asuransi sampai ke pedesaan. Makanya kita langsung kerjasama dengan Kemendes dan PDTT,”sebut pimpinan BNI Life Padang, Dani Prayogo.

Kemendes dan PDTT memberikan bimbingan teknis BUMNag menuju BUMDes percontohan nasional untuk BUMNag/BUMDes penerima bantuan anggaran 2018 di Hotel Pusako Bukittinggi, Senin (16/7). Bimtek tersebut diikuti oleh pengurus BUMNag se Sumbar. (yose)

Loading...