Menkop: Minat Mahasiswa Jadi Pengusaha Capai 72 Persen

Menkop UKM, Teten Masduki mencicipi kopi produk UMKM, Jumat (1/7) usai mengisi kuliah umum di Unand. (Wahyu)

PADANG – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki mengatakan menurut sebuah survei dari sebuah lembaga di 2021, minat mahasiswa untuk jadi pengusaha atau berwirausaha mencapai 72 persen. Hal ini sesuai dengan target pemerintah untuk menciptakan satu juta wirausahawan muda.

“Ini juga jadi tugas perguruan tinggi saat ini, bagaimana bisa mengubah kurikulum. Bukan lagi sebagai pencetak pegawai tapi mencetak wirausahawan yang kompetitif,” kata Teten saat hadir mengisi kuliah umum di Universitas Andalas (Unand), Jumat (1/7).

Dia juga mengatakan agar bagaimana para lulusan bisa terjun ke masyarakat sebagai pembuat lapangan kerja.

“Dari data yang saya dapat, Unand sudah melakukan terobosan luar biasa dalam hal riset dan produk. Apalagi Unand juga memiliki program studi khusus kewirausahaan. Ini bisa menjadi modal penting di saat persaingan globalisasi sekarang ini kian meningkat,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Teten juga mengatakan saat ini UMKM di Indonesia bisa naik dan melompat lebih tinggi. Apalagi saat ini teknologi sudah sangat mendukung pasar bebas.

“Maka saat ini perlu upaya bagaimana kita menyiapkan SDM agar bisa menguasai pasar. Salah satunya adalah dengan melahirkan produk unggulan,” katanya.

Melahirkan pebisnis ulung juga perlu dilakukan, selain inovatif, memiliki produk unggulan tapi juga harus bisa menjalin akses pasar yang lebih luas.

“Dulu Indonesia bisa menguasai pasar ekspor 20 persen. Kini hanya 4,1 persen. Malah kini Vietnam yang menguasai pasar sepatu,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin mengatakan selain untuk mendukung daya saing, memperluas wawasan, kegiatan dan program studi terkait wirausahawan ini bisa lebih membangun spirit kewirausahaan mahasiswa.

“Amanah Unand yang sudah PTNBH,” tukasnya. (Wahyu)