Menhub Harapkan Cuti Bersama Dapat Urai Kemacetan Mudik Lebaran

oleh
Menteri Perhubungan Budi Karya. (antara)

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, dengan keputusan penambahan cuti bersama pada libur Idul Fitri 1439 H akan dapat mengurai arus lalu lintas baik arus mudik maupun arus balik tahun ini.

Hal ini disampaikan Menhub Budi dalam kegiatan Penandatanganan Revisi Surat Keputusan Bersama Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2018 dan Penandatanganan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2019 yang ditandangani oleh 3 Menteri, yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Agama, Rabu (18/4) di kantor Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Kita memang melihat bahwasannya pengaturan ini membuat libur lebih tenang. Proses mudik itu akan lebih bagus kalau mereka diberikan pilihan, jangan diberikan pilihan pada 1 atau 2 hari menjelang lebaran. Melengkapi keputusan itu saudara-saudara kita bisa libur atau pulang sejak hari sabtu atau minggu. Ini harapannya arus lalu lintas akan lebih terurai dengan banyak hari libur,” tutur Menhub Budi.

Libur nasional dalam rangka Idul Fitri 1439H akan jatuh pada 15 dan 16 Juni 2018. Pemerintah akan menambah cuti bersama dalam rangka libur Idul Fitri 1439H pada 11 dan 12 Juni 2018 sebelum lebaran dan pada 20 Juni 2018 sesudah lebaran.

“Dengan jumlah hari libur yang semakin panjang, maka arus mudik ini akan tersebar ke beberapa hari dan tidak menumpuk hanya di dua hari sebelum lebaran seperti tahun yang lalu,” ujar  Budi. (yusman)

Loading...