Mengkhawatirkan, Jembatan Penyeberangan di Tabiang Bisa Makan Korban

oleh
Kondisi jembatan penyeberangan orang yang terletak dikawasan Tabiang mengkhawatirkan, Selasa (20/11). (rahmat zikri)

PADANG –  Kondisi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang terletak di Jalan Adinegoro Parupuk Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang sangat memprihatinkan.

Tangga jembatan tersebut sudah keropos, alas pijakan berlubang dan pagar pembatas banyak yang sudah tak saling berhubungan lagi atau putus.

Kondisi ini juga dikeluhkan Hasbi (28) warga yang kebetulan melintas di jembatan tersebut. “Jembatan ini sudah tidak nyaman untuk dilalui bahkan cenderung berbahaya. Kalau dibiarkan seperti ini bisa-bisa akan jatuh korban,” katanya.

Hasbi sangat menyayangkan kondisi JPO yang terkesan sangat jelas tidak dirawat lagi. Padahal lokasinya tepat di atas jalan yang ramai dilalui pengendara. Ia berharap pihak terkait segera memperbaiki JPO tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra mengakui terkait JPO memang tidak ada perhatian khusus dari pihak terkait apa lagi memeliharanya.

“JPO merupakan fasilitas umum, walau bagaimanapun dengan kondisi yang sudah rusak tentu harus solusinya adalah diperbaiki atau kalau tidak bisa di buka betul jika tak ada manfaatnya lagi. Jangan diabaikan saja. Terkait hal ini, DPRD Kota Padang hingga saat ini tidak pernah menerima usulan untuk memperbaiki,” katanya.

Dihubungi terpisah pengamat transportasi dan fasilitas umum, Nurnas mengakui masyarakat di Padang cenderung malas menggunakan JPO.

“Kondisi ini berbeda dengan kota-kota besar lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, Nurnas menilai JPO yang sudah ada juga cenderung dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik oleh masyarakat maupun instansi terkait.

“Jika JPO ini tidak diperlukan, ya seharusnya dibongkar, jangan menunggu korban dulu baru bertindak,” ungkapnya. (rahmat)

Loading...